Puslitbang Kemenag RI Ajak Kerjasama IAIN Cirebon


FOKUS CIREBON,  (FC) - Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M.Ag bersama 7 orang tim lainnya mengunjungi kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon,  Kunjungan tersebut dalam rangka monitoring terkait kerjasama yakni pengerjaan mushap Al Quran dengan penerjemahan Bahasa Cirebon serta dialog kebudayaan, Rabu (3/2/2021).

Rombongan Prof. Dr. M. Arskal Salim GP ini diterima langsung oleh Rektor IAIN SNJ Cirebon bersama unsur pimpinan lainnya, seperti Direktur Pascasarjana, Prof Dr H Dedy Djubaedi MA, Warek II Dr Hj Kartimi M.Pd, Warek III Dr H Ilman Nafia M.Ag, Dekan Fakultas FUAD,  Dr H aja M.Ag dan Ketua LPM IAIN SNJ Cirebon, Dr H Ahmad Yani M.Ag.

Dr H Ahmad Yani M.Ag mengatakan,  inti dari kedatangan Prof. Dr. M. Arskal Salim GP beserta tim ke kampus IAIN Cirebon adalah untuk mengajak kerjasama, yakni dua kegiatan di tahun 2021.

Dua kegiatan tersebut pertama penerjemahan Al Quran dengan Bahasa Cirebon dan kegiatan yang kedua adalah dialog kebudayaan.

"Penerjemahan Al Quran ke Bahasa Cirebon ini sebenarnya merupakan inisiatif pihak kampus dan Rektor IAIN SNJ Cirebon dan hasilnya ingin dipersembahkan kepada pemerintah dan masyarakat. Disamping juga sebagai momentum di masa akhir jabatan pak Rektor," terang Ahmad Yani.

Dia juga menjelaskan bahwa penerjemahan Al Quran ke Bahasa Cirebon sebenarnya saat ini progresnya sudah sampai di 10 juz, dan ini akan terus berpotensi sampai ke penyelarasan hingga pengeditan untuk standardisasi penerjamahan alquran dengan bahasa jawa.

"Prof Dr M.Arskal Salim GP, M.Ag yang saat ini menjabat sebagai Kepala Pusat Litbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama mengajak kerjasama IAIN SNJ Cirebon," jelas Yani. 

Bahkan besok, Kamis (4/2/2021), akan mengkaji/membahas soal iluminasi (hiasan) bertempat di Keraton kecirebonan, yang langsung di ketuai oleh Dr H Ahmad Yani M.Ag dan Puslitbang sebagai tim monitoring.

Dialog kebudayaan ini, kata Yani, merupakan gagasan Puslitbang untuk menggali budaya Cirebon, khususnya konsultan Cirebon yang targetnya adalah membuat direktori tentang Kesultanan Keraton Keraton di Cirebon. Kegiatan tersebut direncanakan dua tahun anggaran. 

Yani juga menjelaskan, tim ahli pada  penerjemahan Al Quran ke dalam Bahasa Cirebon, di antaranya Prof Dr H Akshin S.Muhamad MA, drh H Bambang Irianto BA, Dr Hj Eva Nurarofah M. Hum, Dr H Opan Safari Hasim M.Hum (Filolog dan budayawan), H Rizal Mahdi MA, Muhamad Muchtar Zaidin, Dr H Sumanta M.Ag dan Dr Ahmad Yani M.Ag 

"Nama-nama tersebut di atas sebagai tim ahli, sedangkan mushaf terjemah al quran ini tujuannya untuk dakwah yang digali sesuai kearifan lokal dan juga untuk mengembangkan serta melestarikan bahasa daerah," papar Ketua LPM IAIN SNJ Cirebon, Dr H Ahmad Yani M.Ag menutup perbincangan dengan awak media.

Sementara H Muhamad Arifin M.Pd.I, Pranata Humas IAIN SNJ Cirebon menyatakan, dengan progress 10 juz dengan terjemahan Bahasa Cirebon, tentu ini patut diapresiasi, mengingat penerjemahan Al Quran dengan Bahasa Cirebon akan memberikan nilai positif bagi IAIN Cirebon juga bisa menjadi monumental," tandasnya.  (din)

Terkini