Firman, Mahasiswa FUAD IAIN SNJ Cirebon Sabet Juara 1 Kaligrafi Arab


FOKUS CIREBON - Mahasiswa IAIN SNJ Cirebon, kembali menorehkan prestasi yang gemilang. Kali ini prestasi didulang dari lomba lukis kaligrafi yang digagas PBNU bekerjasama Keraton Kasepuhan, pada acara festival tajug 2019, Sabtu (23/11/2019). 

Dia adalah Firman Abdul Kholik, mahasiswa semester III, jurusan Sejarah Peradaban Islam, FUAD IAIN SNJ Cirebon.
Kemenangan Firman, memang tak diduga, tetapi dari 30 peserta, Firman merupakan satu peserta yang gigih dan tak gampang menyerah. Sekalipun lawan-lawannya mayoritas memiliki basic dalam melukis.

Namun melalui kemampuan yang dimiliknya, Firman mampu membuktikan jika dirinya yang terbaik dalam pembuatan kaligrafi lukisan arab.
“Ini lomba umum, pesertanya datang dari Ciayumajakuning. Memang awalnya sih agak canggung, sebab lawan kebanyakan ikut sekolah lukis. Tapi saya yakin, dan alhamdulillah bisa keluar sebagai juara,"  kata Firman, Minggu, (24/11/2019).
Dijelaskan, dalam lomba tersebut dirinya membuat kaligrafi surat Yunus ayat 62 dengan tema budaya dan naskah. Dalam membuat karyanya tersebut, dirinya hanya membutuhkan waktu 6 jam, yaitu dari jam 9 pagi sampai 3 sore.
Firman mengaku, dalam lomba ini tidak ada persiapan khusus. Dirinya hanya mempersiapkan cat minyak saat malam sebelum lomba.

"Kesulitan saat membuat kaligrafinya yaitu dari peralatan yang seadanya," kata Firman.
Kendati begitu, Firman bersyukur karena dirinya bisa mengharumkan nama almamaternya, IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan meraih juara 1 dalam lomba ini. (din)

Terkini