Kedepan, Bupati dan DPRD Bersinergis Tuntaskan Masalah Sampah



FOKUS KAB CIREBON - Musim penghujan yang mulai turun di wilayah  Kabupaten Cirebon harus disambut dengan bersih-bersih lingkungan dan saluran air (selokan dan sungai, red).  Walau intensitas hujan masih terbilang jarang, menjagabdari kemungkin banjir menjadi lebih penting sebelum hujan besar intens turunndi wilayah ini.

Harapan ini, ternyata memang masih memerlukan giat sosialisasi kepada masyarakat dari semua komponen, mulai dari atas hingga bawah (aparatur desa).

Berbeda dwngn harapan, pemandangan kontras terlihat di bibir sungai Cipager, Blok Grewal RT 07/03, Desa Setu Wetan, Kabupaten Cirebon. Dimana terlihat gundukan sampah yang tentunya sangat tidak elok untuk dipandang dan bisa menggangu arus air sungai saat hujan turun.

Keberadaan gundukan sampah di bibir sungai Cipager ini, akhirnya mengundang keprihatinan dan perhatian anggota DPRD Komisi IV Kabupaten Cirebon, Yoga Setiawan.

Yoga berharap, pemerintah desa setempat bisa segera memfasilitasi warga terutama soal bak atau tempat sampah. Sehingga dalam hal ink diperlukan sosilalisasikan kepada warga agar tidak buang sampah di sungai. Karena berdampak tidak baik.

Menurutnya, bahwa persoalan sampah merupakan suatu PR besar bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon, yang sampai saat ini belum juga terselesaikan.

Selain prihatin, Yoga juga bermaksud ingin memdatangi Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat, saya bisa bertemu Kadis LH untuk menindaklanjuti  permasalahan sampah di Kabupaten Cirebon," terangnya.

Yoga juga berharap, kedepannya Bupati Cirebon dan Dewan dapat bersinergis dalam menyelesaikan permasalahan tersebut."Dua sampai tiga tahun, semua PR sampah ini, diharapkan bisa tuntas" tandas Yoga. (bam)

Terkini