KPRI Harapan Sejahtera IAIN SNJ Cirebon Gelar RAT Tahun Buku 2019


FOKUS CIREBON - Ratusan anggota KPRI Harapan Sejahtera IAIN Syekh Nurjati Cirebon hadiri Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2019, di Ruang Auditorium, Lantai 3, Gedung Pascasarjana IAIN SNJ Cirebon, Kamis (23/1/2020).

Dalam kegiatan RAT tersebut, sejumlah agenda dilaksanakan, seperti Laporan Pertanggangung Jawaban (LPJ) Pengurus, LPJ Pengawas, kemudian Sosialisasi Produk Pembiayaan Syariah dan Etika Muamalah.

Tampak hadir pada kegiatan RAT KPR Harapan Sejahtera IAIN SNJ Cirebon Tahun Buku 2019 diantaranya, Kepala Biro AUAK IAIN SNJ Cirebon, Ketua KPRI Harapan Sejahtera, Kepala Dekopinda, Dinas UMKM Kota Cirebon, Pengawas dan Pengurus serta anggota KPRI Harapan Sejahtera IAIN SNJ Cirebon.

Ketua KPRI Harapan Sejahtera, Edi Chandra SSi MA menyatakan bahwa sudah 6 tahun berturut-turut pihaknya melaksanakan RAT ini di setiap bulan Januari. "Ini bentuk konsistensi dan tranparansi, yang bertujuan bagi kemajuan dan kesejahteraan anggotanya," jelasnya 

Selain itu, forum RAT ini diminta untuk dijadikan sebagai tempat untuk rembukan, termasuk tempat bagi kita semua untuk memberikan saran dan kritikannya dalam rangka memberikan rekomendasi pembenahan koperasi kedepan.

Sementara menurut Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Saefudin Jupri, bahwa KPRI Harapan Sejahtera IAIN SNJ Cirebon ini merupakan urutan ke 26 dari 300 lebih koperasi yang ada di Kota Cirebon. "Koperasi IAIN menjadi percontohan yang baik dan kegiatan RAT selalu konsisten dilaksanakan teoat waktu," ujarnya.

Sementara digiliran Kepala Biro AUAK, IAIN SNJ Cirebon, pihaknya menanyakan kepada para peserta RAT tentang sifat koperasi dan dijawab peserta adalah bersifat gotong royong.

"Kami berharap sebanyak 400 lebih PNS dan 188 Non PNS yang masih belum mendaftar menjadi anggota koperasi IAIN untuk terketuk hatinya dan masuk menjadi anggota," pinta Drs H Subarja MPd, Kepala Biro AUAK.

H Subarja mengilustrasikan, jika dirinya meminjam uang kepada perseorangan, misal ke Ketua Ma'had Al Jami'ah IAIN SNJ Cirebon tentu tidak dapat pinjaman tersebut, atau ke yang lainnya yang bersifat perseorangan, karena yang dapat mencairkan pinjaman uang itu hanya di koperasi maka harus terlebih dahulu masuk dan menjadi anggotanya.


"Ini lah sifat organisasi Koperasi yang selalu mengedepankan kesejahteraan anggota karena bersifat gotong royong," ujarnya yang disambut riuh tepuk tangan para peserta RAT.

Sementara sambutan dari Dekopindo Kota Cirebon lebih menekankan kepada imbauan agar seluruh anggota koperasi tidak terjebak atau mengikuti dari adanya koperasi online. "Jangan ikut-ikutan, lebih baik dihindari," pintanya.

Usai pemaparan sejumlah sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan membuka kupon doorprize dan tampak seluruh pengurus dan anggota koperasi berbaur dan terlihat bak keluarga besar yang satu tubuh. (din)

Terkini