Rencana UIN Cirebon Dan Kampus 2 Di Indramayu, Ini Tanggapan Mahasiswa IAIN Cirebon


FOKUS CIREBON - Upaya menuju Universitas Islam Negeri (UIN) yang tengah diperjuangan para akademisi IAIN Syekh Nurjati Cirebon (SNJ) semakin di depan mata. Selain pesyaratan kepemilikan luas tanah, sejumlah bangunan pun sudah berdiri megah di tengah kampus. 

Bahkan, kampus 2 UIN Cirebon bakal segera dibangun di Kabupaten Indramayu, persisnya di Blok Ciputat, Desa Cikawung, Kecamatan Terisi. Daerah tersebut dekat dengan exit Cikedung Tol Cipali.

Terkait rencana ini, mahasiswa IAIN SNJ Cirebon, Andri, Mahasiswa FITK kepada Fokus Cirebon, Senin (20/1/2020), mengatakan bahwa rencana peralihan IAIN ke UIN yang ditandai dengan akan dibangunnya kampus 2 di Indramayu, merupakan bentuk perjuangan yang patut diapresiasi. 

"Jika menjadi UIN, maka kuta akan semakin banyak teman, mengingat nanti akan banyak penambahan fakultas dan jurusan. Selain itu, ini aebagai bentuk kemajuan Perguruan Tinggi Islam.Negeri dan IAIN SNJ Cirebon tengah bersiap menuju UIN," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Fitri, mahasiswi FUAD, perubahan IAIN menjadi UIN memang banyak hal yang musti dipersiapkan. Namun IAIN Cirebon sudah melakukan ini bahkan tinggal menunggu, sebab yang menjadi persyaratan tengah ditempuh sebagaimana prosedur yang ada dan perjuangan ini patut kita apresiasi setinggi-tingginya.

"Mungkin setelah ada kampus 2, akan dibangun juga kampus tiga dan seterusnya. Karena pengembangan dan penambahan fakultas dan jutusan tidak menutup kemungkinan akan menambah juga kampusnya. Yang terpenting sekarang kita semakin berada pada era yang menutut kesiapan dalam berbagai hal, dan IAIN Cirebon diyakini sudah mempersiapkannya," paparnya.

Sementara itu, pemkab Indramayu bersama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon segera membangun Kampus 2 di Kabupaten Indramayu. Kepastian itu terungkap setelah Bupati Indramayu, Supendi melakukan penandatanganan kesekapatan bersama dengan Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Sumanta, tentang Tri Darma Perguruan Tinggi, di tahun 2019 lalu.


Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, menyqtakan jika saat ini jumlah mahasiswanya telah mencapai ribuan orang. Bahkan, setiap tahunnya jumlah mahasiswa itu terus bertambah. Karenanya, dibutuhkan pengembangan Kampus 2 agar bisa menampung seluruh mahasiswa. (nur)

Terkini