Tingkatkan Kemampuan Anggota, Polres Indramayu Adakan Latihan Menembak


FOKUS INDRAMAYU - Untuk lebih meningkatkan kemampuan anggota  kepolisian dalam menggunakan senjata api (senpi), jajaran Polres indramayu mengadakan latihan menembak sasaran, di lapangan tembak Ciputat Desa Cikawung Kecamatan Trisi, Jum,at (31/1).
Kapolres Indramayu AKBP Suhermanto mengatakan, latihan menembak yang sudah terjadwal ini, selain untuk meningkatkan kemampuan anggota Polres, khususnya dalam menggunakan senpi, baik laras panjang maupun laras pendek, juga untuk meminimalisasi pelanggaran serta kesalahan prosedur penggunaan senpi selama anggota bertugas.
Sehingga dalam menggunakan senpi, tidak akan terjadi salah tembak atau kesalahan prosedur lainnya, yang dapat terjadi karena minimnya kemampuan anggota dalam menggunakan senpi.
“Meski bukan di lingkungan Polres Indramayu, kejadian salah tembak, salah prosedur hingga senjata hilang masih dapat terjadi karena minimnya kemampuan anggota polisi,” tegas AKBP Suhermanto.
Dikatakan, latihan menembak melibatkan seluruh anggota Polres Indramayu, lebih khusus anggota yang menggunakan senpi.
Di lingkungan Polres Indramayu, latihan untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam menggunakan senpi dilaksanakan setahun sekali. Hal ini disesuaikan dengan keterbatasan amunisi. Meski begitu, latihan ini penting dalam mendukung tugas- tugas anggota di lapangan.
Untuk kali ini, para peserta melaksanakan latihan menembak sasaran dengan menggunakan senjata laras panjang jenis SS1- V2. Sedangkan untuk latihan menembak dengan senjata api laras pendek, menggunakan senpi jenis refolver serta jenis turus.
“Untuk anggota yang tidak memegang senpi disediakan senjata. Anggota yang memegang senjata selama bertugas diharuskan menggunakan senpi masing- masing,” jelas Kapolres.
Sementara itu, untuk latihan menembak senpi laras panjang, anggota diharuskan menembak sasaran sejauh 70 meter. Sedangkan untuk senpi laras pendek anggota melaksanakan latihan menembak  sasaran sejauh 35 meter. (*)

Terkini