TNI Dan Polri Bersih Bersih Di Lokasi Pasca Banjir


FOKUS CIREBON - Pasca banjir yang menggenangi ratusan rumah permukiman warga, Pemkot Cirebon bersama Kodim 0614/Kota Cirebon, Danlanal, Pres Cirebon Kota, Damkar dan sejumlah instansi lain langsung melakukan bersih-bersih lumpur dan sampah sisa banjir semalam. 

Dalam setingho 1,5 cm ini, selain beraus deras juga membawa material lumpur dan sampah. Dari banjir tersebut, Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kota Cirebon mencatat, sekitar 320 KK dengan 164 rumah di Kelurahan Kalijaga terdampak banjir. Sementara, kondisi serupa dialami pula sekitar 98 KK dengan 87 rumah di Kelurahan Pegambiran. 

"Ya, sejauh ini dia kelurahan di Kecamatan Harjamukti terdampak banjir," ungkap Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon Iing Daiman.

Kendati begitu dapat dilaporkan jika saat ini banjir di Kota Cirebon telah surut, yakni pada Selasa (14/1/2020), setelah pada Senin (13/1/2020) meluap dan menggenangi lebih dari 100 permukiman. 

Dikabarkan, banjir yang menggenangi Kelurahan Kalijaga dan Pegambiran di Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Senin (13/1/2020) malam, telah surut sekitar pukul 23.30 WIB. 

Banjir menggenangi permukiman penduduk di Kalijaga setinggi sekitar 1,5 meter dan di Pegambiran setinggi sekitar 1 meter. Lebih dari 400 kepala keluarga (KK) dan 250 rumah ikut terdampak banjir. Hingga Selasa (14/1/2020) siang, otoritas setempat menyatakan sejumlah keluarga masih mengungsi.

Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kota Cirebon mencatat, sekitar 320 KK dengan 164 rumah di Kelurahan Kalijaga terdampak banjir. Sementara, kondisi serupa dialami pula sekitar 98 KK dengan 87 rumah di Kelurahan Pegambiran. 

"Ya, sejauh ini dua kelurahan di Kecamatan Harjamukti terdampak banjir," ungkap Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon Iing Daiman. 

Tak hanya itu, upaya penyelamatan juga dilakukan bersama petugas Damkar, personil Lanal Cirebon, Polair, Babinsa, Basarnas Pos SAR Winong, PMI Kota Cirebon, Polres Cirebon Kota, PSC 119, TAGANA, Satpol PP, serta masyarakat sekitar. (nur)

Terkini