Walikota Bekasi Dampingi Mendagri Tito Karnavian Kunjungi Korban Banjir


FOKUS BEKASI - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang di dampingi Staf Ahli bidang Pemerintahan Kementrian Dalam Negeri, di sambut hangat Walikota Bekasi Rahmat Effendi.
Dalam penyambutan tersebut, Walikota di dampingi oleh Kapolresta Kota Bekasi Kombes Widjanarko, Dandim 0507 Kota Bekasi Letkol Rama Pratama, Asda III Pemerintahan Kota Bekasi, Ka Itko, Kasatpol PP, Ka Bappeda, Camat dan Lurah Se Jati Asih, meninjau korban banjir yang berada di Perumahan Villa Jatirasa RW 11 dan RW 12  Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jati Asih. Jum’at (03/01).
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meninjau lokasi sekitar untuk melihat situasi dan kondisi lokasi berdampak banjir secara real dan menyeluruh dengan pertimbangan kebutuhan yang di butuhkan sesuai dengan apa yang di sampaikan oleh warga tersebut, karena banjir yang melanda wilayah itu tergolong cukup parah.
Walikota Bekasi Rahmat Effendi menyampaikan debit airnya sudah berkurang dan menurun, lumpur yang ada akan dibantu untuk membersihkan oleh DISDAMKAR, air bersih 24 jam dan pelayanan kesehatan.
“Sekarang debit air nya sudah berkurang dan menurun yang dari semula dengan ketinggian 3 meter nah sekarang sudah surut tinggal lumpur bawaan dari air bah yang meluap, nanti lumpur-lumpur ini akan kita bersihkan dengan bantuan dari DISDAMKAR Kota Bekasi, dan kita menjamin ketersediaan air bersih 24 jam dan obat-obatan juga layanan kesehatan dari puskesmas yang ada di Kecamatan Jatiasih,” kata Walikota.
Lebih lanjutnya ia mengatakan akan merelokasi dan menata kembali dengan baik dan seksama dari pengalaman banjir saat ini seperti daerah-daerah yang di lintasi aliran sungai, pengerukan sedimen dan menturap agar meminimalisir jikalau debit air yang datang dalam jumlah besar.
“Bisa lewat tanpa menggangu sekitar aliran sungainya dan allhamdulillah Kementrian PUPR telah mengalokasikan dana sebesar 4 trilliun rupiah untuk merenovasi tanggul-tanggul yang jebol karena diterjang air bah,” ujarnya.
Kementerian Dalam Negeri Tito Karnavian akan membantu dari segi logistik, serta sandang dan papan dan juga akan membuat modifikasi cuaca.
“Dimana siklus  awan curah hujan rendah dan tinggi akan distabilkan, ini sedang dilakukam oleh panglima TNI dan KASAU. Serta warga yang berkas kependudukannya hilang atau rusak berdampak banjir jangan khawatir segeralah datang dan urus ke ABRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) di jamin gratis,” ungkapnya.(dani)

Terkini