Lewat Literisasi, DEMA FUAD IAIN Cirebon Dorong Mahasiswa Ciptakan Karya Tulis


CIREBON, FC - Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon berkomitmen untuk terus membudayakan literasi lewat kegiatan pelatihan menulis.

Acara yang bertemakan “One Day Writing Clinic, Lets Write and Building our Legacy” itu berlangsung di ruang auditorium FUAD IAIN SNJ Cirebon. 

Ketua Pelaksana, Syahrul Akbar mengatakan, kegiatan ini merupakan motivasi kiat membaca dan menulis bagi mahasiswa.

Tujuannya, kata dia, yakni tak lain untuk menumbuhkan kembali minat baca dan menulis, sehingga kedepannya tercipta sebuah karya dari mahasiswa.

“Menulis itu secara tidak langsung memperpanjang usia, karena dari sebuah karya kita dapat hidup abadi”. Katanya.

Muhammad Deden Jalaluddin Sayuti, selaku ketua DEMA FUAD berpesan, harapannya kegiatan semacam ini terus berkelanjutan, dan lebih banyak lagi peminatnya.

Rian Haryanto, yang hadir sebagai pemateri pertama menyampaikan, membaca merupakan sebuah hal yang urgent dalam berliterasi.

Ia melanjutkan, Literasi bukan hanya membaca, menulis, atau pun diskusi saja. Walau pun memang ketiga hal itu menjadi sentral untuk pondasi keilmuan.

“Lebih luas dari itu, literasi juga dapat melahirkan ekonomi kreatif, atau kemandirian ekonomi," tandasnya.


Pemateri lainnya, yakni Mohammad Andi Hakim menyampaikan, menulis adalah skill yang paling susah.

Menurutnya, seorang yang pandai berbicara belum tentu ia dapat menuangkan apa yang dikatakannya itu ke dalam sebuah tulisan.

“Melalui kegiatan ini saya mengajak para mahasiswa untuk aktif menulis, karena manusia yang meninggalkan sebuah karya dalam hidupnya akan lebih bermanfaat bagi dirinya dan orang lain," ujar pria yang bekerja sebagai Instruktur Nasional GLN Kemendikbud RI itu. (Jam)

Terkini