Rektor IAIN Cirebon Tekankan Mahasiswa S2 Mampu Kembangkan Penelitian Yang Inovatif



FOKUS CIREBON - Rektor IAIN Syekh Nurjati (SNJ) Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg menekankan agar mahasiswa pascasarjana mampu mengembangkan peneliltian. Hal itu disampaikan saat membuka  kegiatan orientasi mahasiswa baru program magister (S2) di lantai 3 gedung Pascasarjana IAIN SNJ Cirebon.

Dihadapan mahasiswa baru program magister (S2) ini, Sumanta juga memperkenalkan dan mengupas visi misi lembaga selaras dengan tema yang diangkat yakni 'Akademic di Era Revolusi Industri 4.0'. 

Menurut Sumanta, visi misi ini sebagai identitas dan jati diri. Maka visinya adalah menjadi institusi pendidikan tinggi yang unggul dan terkemuka dalam pengembangan ilmu-ilmu keislaman. Lalu kenapa harus unggul ?

Karena unggul itu adalah sikap untuk menjadi yang terbaik, dan kemudian terkemuka adalah sebuah nilai yang menunjukkan civitas akademika bisa menjadi contoh atau tauladan bagi masyarakat lokal, regional, nasional dan internasional.

Rektor IAIN Cirebon juga menegaskan bahwa visi ini akan dibreakdown dengan beberapa misi yakni pertama adalah mengembangkan pendidikan akademik dan profesi, kemudian menyelenggarakan penelitian secara inovatif untuk menunjang pendidikan dan pengabdian bagi kepentingan masyarakat dan bangsa. Dan  melakukan transformasi dan pencerahan nilai-nilai islam bagi masyarakat.

"Keilmuan adalah prodi-prodi yang harus kita ambil, dan keislaman adalah misi kita. Untuk itu, mahasiswa pascasarjana harus mampu mengembangkan penelitian yang inovatif dan mengimplementasikan nilai nilai keislaman. 

Selain itu lanjut Sumanta di kampus ini juga mempunyai program standar bahasa yaitu toefl (Inggris) dan toafl (Arab) yang harus dicapai setiap mahasiswa Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon. 


Menurutnya toefl ini memang standar umum program pasca disetiap perguruan tinggi di Indonesia. Namun toafl adalah standar bahasa yang hanya ada di Perguruan Tinggi Keagamaan islam Negeri (PTKIN) dan tidak dimiliki perguruan tinggi umum. (nur)


Terkini