Uji Kemampuan Siswa, Lomba Calistung Dan KSN-SD Digelar Di Tingkat Kecamatan

Kegiatan Calistung dan KSN-SD tingkat Kecamatan Pekalipan
FOKUS CIREBON - Seluruh siswa sekolah dasar di Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon mengikuti kegiatan Kompetisi Sains Nasional (KSN-SD) Sekolah Dasar dan lomba baca, tulis, hitung (Calistung) tingkat Kecamatan Pekalipan, Sabtu, (15/2/2020) bertempat di Komplek SDN Pulasaren.

Sebanyak 10 siswa terbaik, dari masing-masing sekolah dasar menjadi peserta lomba. Mereka akan bersaing ketat dengan siswa  lainnya untuk memperebutkan piala juara 1,2 dan 3.

“Lomba Calistung ini merupakan agenda rutin tahunan yang biasa digelar di lingkup Korwil Pendidikan Kecamatan dan diikuti oleh peserta didik, mulai dari kelas 1, 2 dan 3 untuk lomba Calistung, sedang kelas 4 dan 5 untuk Kompetisi Sains Nasional dengan mata pelajaran IPA dan Matematika," kata Deni Rochman, MPd, Korwil Kecamatan Pekalipan.

Deni juga menjelaskan bahwa kompetisi dan lomba calistung ini sebagai kesempatan sekolah, selain sebagai ajang evaluasi, lomba tersebut juga untuk menyeleksi peserta didik pilihan untuk mewakili lomba di tingkat Kota Cirebon.


Sementara menurut Dra Hj Sri Asih M.PdI, Kepala Sekolah SD Negeri Pegajahan 1, bahwa lomba ini merupakan ajang pelatihan bagi peserta didik untuk bisa dan berani tampil di depan umum, dan Juara itu adalah sebuah bonus hasil dari jerih payahnya. 


"Ya, kami mengikutkan 10 siswa dan mereka sudah digembleng dan diberikan latihan-latihan untuk mengikuti lomba ini," tandas Sri Asih. (din)

Terkini