Calon Mahasiswa Baru Bisa Daftar Jalur SPAN Atau Ujian Mandiri (UM) PTKIN

CIREBON, FC- Dilaksanakannya sosialisasi Penerimaan Mahasiswa baru (PMB) S1 yang digelar di Auditorium Pascasarjana pada Sabtu (15/2) lalu, karena PMB di IAIN Syekh Nurjati Cirebon sudah dibuka.
Karena itu, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan sosialisasi  dan diikuti oleh ratusan guru bimbingan dan konseling (BK) tingkat SLTA se-Ciayumajakuning.
Kabag Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni IAIN Cirebon, Kamalul Iman Billah SAg MA Mak menjelaskan, calon mahasiswa baru bisa segera daftar langsung melalui berbagai jalur. Seperti Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) atau Ujian Mandiri (UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). 
Dijelaskan, SPAN merupakan jalur masuk calon mahasiswa baru berdasarkan prestasi akademik yang pernah dicapai selama di jenjang SLTA.
Dalam SPAN, lanjut Kamal, calon mahasiswa berprestasi akan diprioritaskan masuk tanpa tes. Sedangkan UM ujian mandiri yang digelar pihak kampus penyelenggara. Di IAIN Cirebon, UM bakal digelar setelah tahapan SPAN selesai.
“Jadwalnya sudah dilaunching di  brosur, kemudian dari dua jalur yang menggunakan tes itu untuk tahun ini ujian masuk UM-PTN maupun ujian mandiri sudah menggunakan sistem CBT atau computer based test,” jelasnya.
Menurutnya, peran guru BK dalam membantu calon mahasiswa baru dalam mendaftarkan siswanya ke IAIN Cirebon sengat vital. Pasalnya, melalui guru BK lah, calon mahasiswa bakal mendapat banyak informasi mengenai perguruan tinggi untuk melanjutkan kuliah. (din)

Terkini