Kenalkan Kekayaan Alam Indonesia, SDN 2 Sampiran Kunjungi Wisata Jogyakarta

Rombongan siswa SDN 2 Sampiran bersama Kepala Sekolah, guru dan Ketua Komite, sesaat sebelum berwisata ke Jogyakarta
TALUN, FC -   Dalam mengembangkan potensi siswa, sekaligus wahana pembentukan karakter anak, banyak hal yang dilakukan guru di sekolah. Salah satunya lewat kreasi dan wisata siswa. Seperti yang dilakukan oleh guru-guru di SD Negeri 2 Sampiran, Kabupaten Cirebon ini, dimana untuk meningkatkan dan menggali potensi seni san budaya para siswa-siswinya, dilakukan lewat berwisata ke Jogyakarta.

SD Negeri 2 Sampiran, merupakan salah satu sekolah dasar yang berada di Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Sekolah dengan berbagai penghargaan dari prestasi yang ditorehnya itu, selalu memprioritaskan kreatifitas, penggalian potensi dan cerdas dalam belajar.

Ketua Komite SDN 2 Sampiran, saat menikmati sejumlah situs di wisata Jogyakarta, Jawa Tengah 
Maka tidak heran jika sekolah ini telah banyak meraih prestasi dalam berbagai kesempatan lomba antar sekolah.

Ketua Komite SDN 2 Sampiran, Bambang HS mengatakan, seni, budaya dan lainnya yang diajarkan kepada siswa, juga untuk mengenalkan tentang seni dan budaya yang ada, termasuk wisata ke tempat-tempat di mana indonesia banyak memiliki kekayaan alam, keindahan dan situs-situs peninggalan yang memiliki nilai sejarah, seperti Borobudur dan lainnya.

Bambang juga menambahkan bahwa menanamkan nilai kreatif siswa pada peserta didik melalui seni, budaya dan wisata dan penggalian sejarah merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter. 

"Peserta didik akan lebih bersemangat belajar apabila suatu bahan yang diajarkan tentang kreasi, seni dan budaya sesuai dengan kebutuhan. Sumber belajar dapat berupa segala macam media yang dapat membantu serta memperkaya dan memperjelas pemahaman peserta didik terhadap seni budaya bangsa dan juga agar dapat membantu siswa memperkaya pengalaman di bidang seni budaya, dan wisata kemarin adalah salah bentuk dari pengembangan pengenalan sejarah, seni dan budaya, yang menjadi aset dan kekayaan Indonesia," paparnya.



Banyak hal yang dinikmati oleh para siswa di Jogyakarta. Bahkan siswa begitu antusias berada di sana, karena banyak benda-benda cagar budaya dan kekayaan alam yang membuat siswa bisa semakin mencintai sejarah, budaya dan alam.  (nur)



"

Terkini