Hasil tes Swab, Dua Pedagang Pasar Sumber Terkonfirmasi Positif Covid 19


CIREBON, FC -  Masih di tengah suasana lebaran Idul Fitri, masyarakat Kabupaten Cirebon dikejutkan dengan kabar terpaparnya virus Covid 19 terhadap dua orang pedagang Pasar Sumber, Kabupaten Cirebon. Keduanya dinyatakan positif Corona.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Cirebon mengumumkan jika ada penambahan dua pasien yang terkonfirmasi positif. 

Kini total pasien positif Corona di Kabupaten Cirebon mencapai 12 orang.
Dua pasien dinyatakan positif, setelah mengikuti tes swab massal beberapa hari lalu. "Dua orang positif. Kita sudah sampaikan informasi tentang ini," kata Bupati Cirebon Imron Rosyadi usai rapat koordinasi di kantornya, Kamis (28/5/2020).
Imron memerintahkan instansi terkait lainnya untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau COVID-19 di Pasar Sumber. Dinkes Kabupaten Cirebon telah melacak riwayat perjalanan dua pedagang itu dan sejumlah orang yang sempat kontak langsung. Hasilnya ada 40 orang sempat berinteraksi dengan pasien tersebut.
"Keduanya pedagang. Satu pedagang ini berjualan juga di Pasar Balong Kota Cirebon, setiap dua hari sekali. Satu pedagang lainnya sempat menerima tamu dari Bandung," tutur Kadinkes Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni.
"Nanti kita akan tes swab massal untuk orang yang berada di radius 100 meter dari lokasi pasien positif. Termasuk 40 orang yang kontak langsung dengan pasien positif," kata Enny menambahkan.
Sementra itu, dari data yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Cirebon menyebutkan per hari ini total pasien positif berjumlah 12 orang. Enam di antaranya sembuh dan empat orang masih menjalani perawatan. Dua pasien lainnya meninggal dunia.
Sedangkan, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) mencapai 56 orang, tersisa empat orang yang masih menjalani perawatan. Kemudian, untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) mencapai 201 orang, tersisa tujuh orang yang masih dipantau. (Bam)

Terkini