Melalui Aplikasi Zoom, FUAD IAIN Cirebon Gelar Halal Bihalal Dan Seminar Virtual


FOKUS CIREBON - Guna menjalin tali silaturrahmi di masa pandemi, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati menggelar Halal Bihalal dan Seminar Virtual.

Acara yang berlangsung via Aplikasi Zoom itu bertemakan “Menakar Kampus Merdeka Untuk Penguatan Ruh Akademik dan Moderasi Islam”. Senin, (15/6/2020)

Dekan I FUAD, Dr. Hajam, M.Ag mengatakan, dalam masa pandemi ini, staf dan dosen, terutama di lingkungan Fakultas UAD, harus tetap memberikan excellent service kepada mahasiswa dan juga masyarakat sehingga staf dan dosen dituntut untuk terus meningkatkan kinerjanya.


Apalagi, lanjut Hajam, dengan adanya kebijakan tentang ‘Kampus Merdeka’ maka dibutuhkan berbagai strategi agar Fakultas UAD siap menindaklanjuti kebijakan tersebut.

“Oleh karena itu, pada kesempatan silaturahim Halal Bihalal civitas akademika Fakultas UAD ini dilaksanakan pula kegiatan Webinar,” katanya.

“Semoga lepas dari Idul Fitri ini dapat meningkatkan kerja kita baik dosen maupun karyawan dan mendapat Rahmat dari Allah. Jadikan ini sebagai momentum untuk memperbaiki diri kedepannya,” ujarnya.

Menurutnya, Halal Bihalal ini merupakan tradisi, hanya saja sekarang berbeda, yaitu dilaksanakan secara virtual,” tandasnya.

Dr. H. Sumanta, M.Ag, Selaku Rektor sekaligus narasumber pada acara ini memaparkan, bahwa Minal Aidzin wal Faidzin menjadi kalimat tahniah setelah kita berpuasa sebulan penuh.

“Selain itu, berperang melawan nafsu tafrith dan juga ifrath sekaligus menjadi doa agar kita tergolong orang-orang yang kembali ‘fitri’ dari pemikiran menyimpang dan berhasil dalam memoderasi cara beragama (tidak ekstrim kiri maupun kanan),” katanya.


Bahkan, lanjut dia, kampus sebagai wahana strategis dalam mengimplementasikan moderasi beragama harus tetap mampu melakukan upaya-upaya inovasi sebagai tuntutan dari adanya kebijakan kampus merdeka.

“Oleh karena itu, para dosen harus mampu menjadi penggerak dan motivator untuk mengembangkan kreativitas mahasiswanya agar tetap produktif walaupun di masa pandemi,” ujarnya.

Narasumber lainnya, yakni Prof. Dr. H. Sukron Kamil, M.Ag, memaparkan tentang konsep kampus merdeka. Yaitu ‘merdeka’ dari tekanan pencapaian skor, tradisi, dan birokrasi yang resisten terhadap perubahan, serta harus pula ‘merdeka’ dari pola pikir dan gerakan fundamentalisme Agama.


“Oleh karena itu, dosen sebagai agen perubahan sosial harus siap melakukan perubahan dan menyuarakan Islam Wasathiyah agar terwujudnya khairul ummah untuk menyebarkan ajaran Islam yang rahmatan lil alamin,” ujar Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (din)

Terkini