Panitia Qurban DKM Masjid Subulussalaam, Bagikan Daging Qurban Kepada 500 Warga




FOKUS CIREBON - Menyambut Idul Adha dengan berbagi bersama warga adalah kegiatan rutin DKM Masjid Subulussalaam setiap tahunnya. 

Pada Idul Adha tahun ini, panitia qurban masjid setempat membagikan ratusan bungkus daging kurban kepada warga sekitar. 

Masjid Subulussalaam yang berada di RW 14 Perumahan Harjamukti Utara ini, pada Idul Adha tahun 2020 ini menerima empat ekor sapi dan 21 kambing dari warga. 

Penyembelihan hewan kurban sendiri dilakukan sehari setelah pelaksanaan shalat Idul Adha. Ketua DKM Subulussalaam, Naim Abdurrachman mengatakan, daging kurban ini akan dibagikan kepada sekitar 500 warga RW 14 Perumahan Harjamukti Utara.

"Alhamdulilah kami menerima hewan kurban dari warga sekitar, ada empat sapi dan 21 kambing yang akan kami bagikan kepada 500 warga sekitar masjid," kata Naim, Sabtu (1/8/2020).

Naim menambahkan, jumlah hewan kurban di Masjid Subulussalaam mengalami kenaikan pada tahun ini. Pada Idul Adha tahun yang lalu, Masjid Subulussalaam menyembelih 26 ekor kambing dan tiga ekot sapi. 

Proses penyembelihan hewan kurban sendiri dikatakan Naim menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Juru sembelih dan panitia kurban diwajibkan memakai masker.

"Alhamdulilah meski di tengah pandemi Covid-19, sumbangan hewan kurban justru bertambah," katanya.

Selain akan dibagikan kepada warga sekitar, daging kurban, kata Naim, juga akan diberikan kepada yayasan yatim piatu dan panti jompo yang sudah mengajukan proposal.

"Semuanya kami kirim ke tempat masing- masing, tidak boleh ada warga yang kesini karena akan menimbulkan kerumunan warga," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DKM Subulussalaam, Didi Sunardi mengatakan, proses penyembelihan hewan kurban di Masjid Subulussalaam dimonitor langsung oleh Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon. 

Menurut Didi, tim kesehatan dari DPPKP memeriksa daging kurban yang akan dibagikan kepada warga. "Alhamdulilah hasilnya laik untuk dikonsumsi," tuturnya. (din)

Terkini