Soal Rotasi dan Promosi, DPRD Tekankan Penempatan Yang Proporsional

 

FOKUS CIREBON - Peran dan tugas pokok (tupoksi) DPRD dijalankan dengan penuh tanggungjawab. Para politisi di gedung putih ini, tidak ingin melewatkan begitu saja momentum dan program penting bagi perubahan di Kota Cirebon.

Seperti soal rotasi, mutasi dan promosi bagi eselon III dan IV yang akan digelar oleh Pemerintah Kota Cirebon pada  bulan Agustus ini. 

Gedung putih ingin penempatan ASN di tempatkan pada keahliannya. Hal inilah yang menjadi sorotan Anggota Komisi I DPRD Kota Cirebon.

Sekretaris Komisi I DPRD Kota Cirebon, menegaskan bahwa fungsi pengawasan DPRD bisa diperhatikan, kalaupun ada rotasi, mutasi dan promosi harus sesuai dengan keahlian bagi ASN.

"ASN di bidang kesehatan agar ditempatkan di kesehatan, bidang pemerintahan ditempatkan di pemerintahan, bidang pendidikan di pendidikan dan selanjutnya seperti itu,“ kata Dewa.

Sebab jika salah penempatan, resikonya adalah bisa membuat kerjanya kurang maksimal. Maka rotasi harus menjadi suatu kebaikan bagi Pemkot Cirebon. 

Dalam hal ini, DPRD harus dilibatkan, karena keterkaitan dengan pengawasan, meskipun hak prerogatif ada di walikota. 

“Ini tugas kami yang juga bisa memberikan masukan ke Pemkot Cirebon, agar penempatan itu proporsional jangan sampai, sarjana pendidikan ditempatkan di pekerjaan umum, sarjana kesehatan ditempatkan di pendidikan, atau pun sarjana hukum ditempatkan di kesehatan," ujarnya.

Jadi proporsional itu, tandasnya, harus sesuai keahliannya, sehingga kerja bisa maksimal demi kemajuan Kota Cirebon. (Agus)

Terkini