DEMA-SEMA FUAD IAIN SNJ Cirebon Dorong Mahasiawa Aktif Berorganisasi

FOKUS CIREBON, FC - Senat Mahasiswa (SEMA), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon dan Senat Mahasiswa (SEMA), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Syekh Nurjati Cirebon mengadakan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Online Jilid II. Kamis, (01/10/2020).

Kegiatan ini diisi oleh SEMA, DEMA Institut, SEMA, DEMA Fakultas dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) yang ada di FUAD.

Ketua Umum SEMA Institut, Rohmawan menjelaskan SEMA itu organisasi kemahasiswaan yang tataran nya tertinggi di kampus.

"Sema itu lembaga normatif atau legislatif, senat sendiri memiliki fungsi legislasi, seperti yang kita pahami bersama, senat adalah tugasnya membuat aturan, aturan organisasi kemahasiswaan, AD/ART, rapat-rapat kebutuhan Organisasi Mahasiswa di tingkat isntitut," paparnya.

Rohmawan mengatakan, SEMA Institut berfungsi sebagai pengawas yang membawahi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Unit Kegiatan Khusus (UKK).

"UKM dan UKK itu adanya di ormawa tingkat institut, kita membawahi sekaligus mengawasi. Jadi, untuk garis kordinasi dan instruksi kita ada pada UKM, UKK dan DEMA,"jelasnya.

Ketua Umum DEMA FUAD, Anton Ahyari mengatakan bahwa sebenarnya yang membedakan SEMA, DEMA Institut dan SEMA, DEMA Fakultas itu hanya ruang lingkup nya saja.

"SEMA, DEMA Institut itu jalur kordinasi nya ke UKM, UKK dan Fakultas. Kalau di Fakultas sendiri jalur kordinasi nya ya ke ormawa yang ruang lingkupnya di FUAD, seperti HMJ-HMJ yang ada di FUAD. Mungkin perbedaan nya ya ruang lingkup atau jalur kordinasi," ucapnya.

Ia juga mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini DEMA FUAD akan menyelenggarakan seminar beasiswa.

"Di akhir bulan ini, kita akan menyelenggarakan seminar beasiswa yang insyaAllah kita akan mendatangkan pemateri dari Staf Khusus ke-Presidenan, tapi seminar ini ruang lingkupnya hanya untuk mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah saja," jelasnya. (Cholis)





Terkini