Antisipasi Bau Sampah dan Banjir Sumbatan, Warga Sumber Asri Bersih-Bersih Lingkungan


FOKUS CIREBON, (FC) - Pagi sekitar pukul 08.00 WIB pagi,  warga Sumber Asri, Desa Kecomberan,  Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon turun ke jalan.  Mereka satu sama lain saling membahu  membersihkan sampah dan saluran air, Minggu (31/1/2021).

Warga dengan peralatan cangkul, golok, arit dan perlengkapan lainnya langsung membabat rumput dan menaikan sampah dari saluran pembuangan.

Kerjabakti ini dilakukan untuk mengantisipasi banjir sumbatan sampah dan rumput ilalang yang semakin tumbuh liar.

"Melalui kesadaran bersama warga bergotong royong membersihkan saluran pembuangan disepanjang jalan utama Sumber Asri yang mengalir ke sungai depan. Alhamdulillah semua bekerjasama dan ini sebagai antisipasi banjir sumbatan serta lalat atau ulat dari sampah yang basah," ujar Ketua RW 05 Sumber Asri kepada media.

Hal senada juga disampaikan Didi,  bahwa sampah yang menggunung di bak sampah depan bisa menimbulkan berbagai masalah Jika tidak cepat ditangani. Sehingga berinisiatif membersihkan sampah dan saluran agar di musim hujan ini semua saluran air lancar dan bersih.


"Ya, inisiatif warga dan ketua RW untuk bersih-bersih. Selain karena tanggungjawab bersama, ini juga merupakan kesadaran warga terhadap kebersihan kampungnya sendiri. Apalagi saat ini masih musim hujan," terang sosok pria yang akrab disapa didi gondrong.  (din). 


Terkini