RSUD Waled Peringati Hari Jadi Kabupaten Cirebon Ke 539 dengan Kegiatan Khitanan Massal

Prosesi khitanan massal di RSUD Arjawinangun, Kabupaten Cirebon disaksikan langsung oleh Bupati Cirebon, H Imron M.Ag, Selasa (23/3/2021).


FOKUS CIREBON, FC - Memperingati Hari Jadi Ke 539 Kabupaten Cirebon, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waled menggelar khitanan massal. Kegiatan tersebut juga dilakukan di RSUD Arjawinangun, Selasa (23/3/2021).

"Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam perayaan hari jadi ini dimeriahkan secara sederhana. Sebab, sampai saat ini masih terjadi Pandemi Covid-19. Salah satu kegiatan perayaan hari jadi Kabupaten Cirebon ini adalah khitanan massal di RSUD Arjawinangun,” papar bupati Imron.

Imron menjelaskan, khitanan massal ini dilakukan di Rumah sakit milik Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon.

Imron menjelaskan, kegiatan khitanan massal tersebut digelar di di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), di mana nama yang terdaftar 24 orang di RSUD Arjawinangun dan 39 orang di RSUD Waled. Semuanya adalah  warga Kabupaten Cirebon,” terangnya.

Dijelaskan, slain khitanan massal,  Pemkab Cirebon juga akan menampilkan sejumlah seni budaya untuk meriahkan hari jadi ini.

“Nanti ada kegiatan seni budaya, seperti di Kecamatan Suranenggala ada pagelaran seni. Tetapi dilakukan secara virtual karena untuk menekan adanya kerumunan warga,” tururnya.

Sementara Direktur RSUD Arjawinangun Kabupaten Cirebon, dr. Bambang Sumardi menyatakan, dari sekitar 24 anak yang ikut  program khitanan massal ini, seluruhnya gratis. Mereka  semua adalah warga Kabupaten Cirebon wilayah barat.

"Selain khitanan massal, kita juga ingin mengadakan pengobatan gratis. Namun karena masih di masa pandemi, program jadi agak sulit dilakulan. Karena kami  menghindari kerumunan, sehingga baru bisa khitanan massal saja yang kita lakukan. Itu pun kami tempatkan di gedung yang baru,” tuturnya.

Khitanan massal ini, kata Bambang, pihaknya tetap menerapkan prokes dalam pelaksanaannya. (Olan)

Terkini