Menyongsong Ramadhan, Baznas Kota Cirebon Gelar Touring Ramadhan Cemerlang


FOKUS CIREBON, FC - Menyongsong Ramadan yang tinggal menghitung hari, Pemerintah Daerah Kota Cirebon dan Baznas Kota Cirebon menggelar Touring Ramadan Cemerlang, Kamis (8/4/2021). 

Dalam kegiatan ini, Wakil Wali Kota Cirebon Dra. Hj. Eti Herawati, Ketua Baznas Kota Cirebon M.Taufik S.Ag,  Dandim 0614 Kota Cirebon Letkol (Inf) Herry Indriyanto, juga Kapolres Cirebon Kota AKPB Imron Ermawan mengunjungi beberapa masjid yang terletak di Kelurahan Argasunya. 

Touring Ramadan Cemerlang ini bertema “Bersama SEHATI Menyongsong Ramadan Penuh Cinta”.

Dalam sambutannya, Eti mengungkapkan, Baznas sudah seringkali membantu dan bersinergi dengan Pemda Kota Cirebon. 

“Mudah-mudahan kegiatan berbagi ini tidak sampai sini saja, tapi terus berjalan secara berkala. Dan kegiatan ini tetap mengikuti protokol kesehatan,” ungkap Eti.

Dalam touring ini, ada lima mushola di Kelurahan Argasunya yang dikunjungi untuk kemudian diberikan bantuan berupa Al-Qur’an, alat shalat, sajadah, alat kebersihan masjid, santunan, serta paket sembako untuk marbot. 

Kelima mushola ini adalah Mushola Al-Akbar di RW 09 Cibogo, Mushola Al-Muhajirin di RW 08 Kopiluhur, Mushola Al-Muhyidin di RW 10 Kedung Jumbleng, Mushola Al-Iksan di RW 10 Kedung Jumbleng, dan Mushola Al-Ikhlas di Kedung Krisik Selatan.

Eti pun mengajak masyarakat untuk bersama-sama saling membantu, terutama memasuki bulan suci Ramadan. 

“Di situasi sulit saat ini Pemda Kota Cirebon juga sekuat tenaga menghadirkan program pembangunan yang tertunda, yang penting warga sehat dan tidak ada gejolak sosial,” ujarnya.

Eti menambahkan, Ramadan merupakan bulan penuh rahmat dengan berbagai keutamaan, pengampunan dan berkah. 

“Ibadah-ibadah yang dilakukan di bulan Ramadan juga merupakan perwujudan rasa solidaritas dan rasa ukhuwah yang berdasarkan iman kepada Allah SWT. Selain itu, bulan Ramadan juga merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan kualitas iman, memperkuat ketakwaan, memunculkan rasa cinta kepada keadilan dan persamaan derajat umat manusia,” tuturnya.

Ia pun berharap Ramadan yang sebentar lagi akan datang dapat menjadi wahana pembaharuan diri melalui pikiran dan tindakan yang mulia. 

“Hal tersebut harus teraktualisasi nyata melalui perbuatan amal, seperti memberikan sedekah kepada fakir miskin, memberikan bantuan kepada orang-orang yang tertimpa bencana dan yang membutuhkan pertolongan,” ungkapnya.

Pihaknya pun mengungkapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah bersinergi dalam kegiatan ini. Seperti Polres Cirebon Kota, CSB Mall, Swiss-Belhotel, Komunitas Motor John Cycle, dan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI).


Sementara itu, Ketua Baznas Kota Cirebon M.Taufik S.Ag mengatakan, kegiatan ini digagas sesuai dengan petunjuk untuk menjaga protokol kesehatan. 

“Mushola-mushola di Argasunya juga sudah dibersihkan, kita mengunjungi beberapa mushola di Argasunya untuk melihat bagaimana kondisi di sana, mushola-mushola di sana perlu dan layak untuk disentuh,” ujar Taufik. (Nur)

Terkini