Lansia Di Kecamatan Harjamukti Sudah Mulai Menjalani Vaksin Covid 19

Vaksin Covif 19


FOKUS CIREBON, FC  – Warga Lanjut Usia (Lansia) Kecamatan Harjamukti sudah mulai menjalani vaksinasi Covid-19 sejak Jumat 9 April 2021 lalu.

Camat Harjamukti, Rd. Yuki Maulana Hidayat, S.STP., menjelaskan, kesadaran masyarakat untuk vaksinasi Covid-19 ini cukup baik.

“Terutama warga yang tipologinya di wilayah perumahan lebih sadar dan kooperatif untuk menjalani vaksinasi Covid-19 ini,” kata Yuki.

Dikatakan Yuki, pihaknya juga menggandeng RW di wilayah masing-masing sebagai Satgas di tingkat RW. “Bersama perangkatnya, RT untuk bisa mensosialisasikan vaksinasi,” ucap Yuki.

Ia menerangkan, vaksinasi lansia di Kecamatan Harjamukti berdasarkan data dari Dinas Kesehatan ada 13 ribu warga lansia. 

“Tapi jumlah itu kami verifikasi terlebih dahulu, dan di tahap pertama ini ada sekitar 2.400-an lansia yang sudah dan akan menjalani vaksinasi Covid-19,” kata Yuki, Selasa 13 April 2021.

Menurutnya, masing-masing puskesmas di wilayah Harjamukti, jumlah lansia yang akan divaksin berbeda-beda. Terkait pelaksanaan vaksinasi, lanjut Yuki, pihaknya berkoordinasi dengan puskesmas disesuaikan dengan kewilayahan masing-masing kelurahan. 

“Tipologi antara Kecapi dan Larangan berbeda dengan Harjamukti, Kalijaga dan Argasunya,” jelasnya.

Yuki mengungkapkan, ada beberapa puskesmas yang melaksanakan vaksinasi setiap hari, ada juga yang tidak. Hal itu bisa disebabkan karena memang kurangnya personil puskesmas. 

“Contoh Puskesmas Sitopeng, itu menyesuaikan dengan kultur warga Argasunya, mereka biasanya koordinasi terlebih dahulu dengan tokoh-tokoh yang ada di sana,” ucap Yuki.

Vaksinasi lansia ini, lanjut Yuki, pihaknya bersama puskesmas juga masih melihat apakah ada efek sampingnya. 

“Kalau yang pelaksanaan vaksinasinya di aula kecamatan itu Puskesmas Kalijaga, karena letak puskesmas sendiri jauh dengan wilayah kerjanya, jadi ditarik ke aula kantor kecamatan, dengan harapan semua warga lansia se-Kelurahan Kalijaga dapat mengakses,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kalijaga, dr. Yati Hayati Azizah menyampaikan, puskesmas se-Kecamatan Harjamukti sejak akhir pekan lalu melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk lansia. 

“Puskesmas Kalitanjung pelaksanaannya di RW, Puskesmas Larangan juga sama dan untuk Puskesmas Kalijaga pelaksanaannya di Aula Kantor Kecamatan,” terangnya.

Sejak hari pertama vaksinasi untuk lansia dilaksanakan, dr Yati menjelaskan, ada 115 orang dan hari keduanya 109 orang. Sedangkan, di hari ketiga yakni hari ini jumlahnya menurun yakni 16 orang. 

“Hari ketiga ini mungkin karena hari pertama puasa Ramadan, sasaran tahap pertama ini di Puskesmas Kalijaga ada 610 warga lansia,” jelasnya.

Menurut dr. Yati, jenis vaksin yang digunakan dalam vaksinasi lansia ini masih sama dengan tahapan sebelumnya yakni vaksin jenis Sinovac. 

“Kami mohon warga, kalau sudah yakin di hatinya untuk menjalani vaksin, jangan terpengaruh dengan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang turut membantu pelaksanaan vaksinasi ini, mulai dari RT, RW, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Lurah sampai Pak Camat,” ungkapnya. (Nur)

Terkini