Kepala PTIPD IAIN Cirebon : Setiap Calon Mahasiswa Baru Jalur UM Mandiri Wajib Ikuti Prokes

Suasana pelaksanaan hari pertama ujian Computer Based Test (CBT), peserta Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dengan Prokes yang ketat, cuci tangan, jaga jarak dan mengenakan masker, Senin (28/6/2021).

FOKUS CIREBON, FC - Ujian Computer Based Test (CBT), peserta Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Mandiri IAIN Syekh Nurjati Cirebon,  dilaksanakan dengan Protokol kesehatan kepada 767 calon mahasiswa.

Panitia pengawas di halaman depan gedung M, langsung melakukan cek suhu badan para peserta. Setelah itu, calon mahasiswa di ruang tertentu terlebih di screening, baru kemudian di cek kelengkapan administrasinya, baru kemudian satu persatu diperbolehkan memasuki ruang ujian.

Kepala PTIPD IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Darwam, M.Kom menjelaskan, pelaksanaan kegiatan UM-Mandiri IAIN Syekh Nurjati Cirebon diikuti oleh sebanyak 767 calon mahasiswa baru. 

Jumlah tersebut kemudian dibagi ke dalam empat hari kegiatan. Setiap kegiatan, diikuti sebanyak 100 orang, dan 100 orang dibagi ke dalam 5 ruang ujian. Masing-masing ruangan berisi 20 orang.

"Pada setiap kegiatan, pelaksanaanya dibagi ke dalam dua seasson, yakni pagi jam 08.00 WIB kemudian siang pada pukul 13.00 WIB. Dan  alhamdulillah, hari pertama UM-Mandiri di IAIN Cirebon pada Senin, (28/6/2021),  berjalan lancar dan kondusif," terangnya.

Darwam menjelaskan, setiap calon mahasiswa yang mengikuti UM-Mandiri, harus berpakaian sopan dan datang 1 jam sebelum ujian dimulai. Tujuannya untuk membantu dan memudahkan peserta ujian dengan terlebih dahulu diberikan simulasi.

"Ya, sebelum diberikan simulasi, tentu mereka kita screening terlebih dahulu, mereka harus kita pastikan dalam keadaan sehat, sehingga Prokes kita lakukan secara ketat. Kemudian baru cek kelengkapan administrasi, setelah semuanya dinyatakan oke, baru satu persatu memasuki ruang ujian," ujarnya.

Hal senada disampaikan Kasubbag Akademik, Mahmudin SE, bahwa kegiatan yang berlangsung 4 hari ke depan ini, bertujuan untuk mencari calon mahasiswa  berpotensi.

"Mudah-mudahan calon mahasiswa kreatif dan berprestasi banyak terjaring di UM-Mandiri ini. Ya, kita harapkan  begitu, dan untuk kegiatannya sendiri, secara teknis panitia pengawas sudah siap sepenuhnya, artinya semua sudah berjalan lancar, termasuk pelaksanaan Prokesnya, semua dijalankan dengan baik," tandasnya. (din)

 


Terkini