Ketua Baznas Kota Cirebon Bakal Canangkan Program Layanan Kesehatan Warga

Wakil Walikota Cirebon pada kegiatan LAB Jabar di Kedung Krisik Selatan, Kota Cirebon.


FOKUS CIREBON, FC – Ketua Baznas Kota Cirebon, M. Taufik, S.Ag berencana akan mencoba melakukan kegiatan yang sama seperti Baznas Jabar. Yakni memberikan layanan kesehatan kepada warga dengan berkeliling. 

Hal itu disampaikan bersamaan dengan kegiatan Layanan Aktif Baznas (LAB) Jabar atas program layanan kesehatan mustahik di RW 06 Kedung Krisi Selatan, Kelurahan Argasunya, Kota Cirebon bersama Wakil Walikota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, Kamis (17/6/2021).

Sementara Wakil Walikota Cirebon menyatakan bahwa untuk menjaga kesehatan warga penting di masa pandemi Covid-19. Maka kebersamaan juga dibutuhkan karena Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon tidak bisa berjalan sendiri untuk mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat. 

Jelasnya, target saat ini adalah warga sehat, sehingga Kota Cirebon tidak lagi masuk ke zona merah penyebaran Covid-19. 

"Kesehatan di masa pandemi ini sangat penting, sehingga masyarakat tidak terpapar Covid-19," paparnya.

Untuk itu, Eti berterima kasih dengan Layanan Aktif Baznas (LAB) Jabar yang hari ini memberikan pengobatan gratis khususnya untuk warga di RW 06 Kedung Krisik Selatan.

“Kegiatan hari ini bentuk dukungan dari Gubernur dan Baznas Jabar,” ungkap Eti.

Untuk menjaga kesehatan, lanjut Eti, tidak bisa dilakukan hanya dari Pemda Kota Cirebon. “Dibutuhkan kebersamaan,” ungkap Eti.

Dikarenakan Pemda Kota Cirebon memiliki sejumlah keterbatasan. Dengan kebersamaan, Eti meyakini permasalahan kesehatan masyarakat bisa teratasi. “Seperti yang dilakukan hari ini oleh Baznas,” ungkap Eti.

Sementara itu Kepala LAB Jabar, Jaja Mulyana, menjelaskan sebanyak 80 penerima manfaat ditargetkan mendapatkan layanan kesehatan.

“Kami juga terus berkeliling Jabar untuk memberikan layanan kesehatan kepada warga,” ungkapnya. Setelah hari ini di Kota Cirebon, mereka akan memberikan layanan kesehatan di Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cirebon, dan lainnya.

Selain pengobatan ringan, seperti pusing dan diare, layanan kesehatan LAB Jabar juga melayani pengecekan metabolik. Seperti asam urat, gula darah, dan kolesterol. “Karena kalau tidak diatasi sejak dini bisa menimbulkan masalah serius,” ungkap Jaja. (din)

Terkini