KKN-DR IAIN Cirebon : Mahasiswa Bangun Kreativitas dan Nilai-Nilai Keagamaan Anak di Masa Pandemi

Sutri Asih dan Nita Hujjatul Maula, Mahasiswa KKN-DR IAIN Syekh Nurjati Cirebon

FOKUS CIREBON, FC - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah (KKN-DR) IAIN Syekh Nurjati Cirebon, terus berkarya dalam membangun kreativitas pendidikan dan nilai-nilai keagamaan anak di masa pandemi.  

Mereka mahasiswa yang tengah menjalankan KKN-DR ini melaksanakan program yang terbagi kedalam tiga kegiatan, yakni pendidikan, sosial, dan kegamaan. 

Sutri Asih, mahasiswa KKN-DR, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) menyatakan, bahwa dengan KKN-DR ini masyarakat dan aparatur Kelurahan hingga RW menyambut baik program tersebut. 

"Respon masyarakat sangat baik dan dari pihak aparatur kelurahan dan RW menyambut kita dengan baik, karena memang pangajuan perizinan dari Kesbangpol lalu ke keluarga serta pemaparan program kegiatan yang akan dikakukan saya beserta teman-teman diajukan sebelum adanya PPKM Darurat, jadi tidak ada kendala," terangnya, Jum'at, (9/7/2021).

Sutri Asih juga menjelaskan, bahwa dalam pelaksanaan KKN-DR ini,  satu kelompok terdiri dari 17 anggota, dan dibagi menjadi 2 yaitu 9 anggota di RW 7 Warnasari dan 8 anggota di RW 6 Asrama TNI AD. 

Sutri Asih juga mengakui, bentuk kegiatan yang dilakukan memang sedikit terhambat, karena di bidang pendidikan yang tadinya dilaksanakan di Minggu pertama harus dialihkan sesuai aturan dan kondisi saat ini. 

Seperti peraturan PPKM yang diberlakukan mulai tanggal 3 hingga 20 kedepan, sehingga dihentikan sementara untuk sekolah dan ditutupnya tempat ibadah dan lainnya.  "Jadi di kegiatan awal kita pindah fokus ke bidang sosial," paparnya.  


Sementara menurut Nita Hujjatul Maula, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah bahw target kegiatan tersebut adalah lebih menjadikan masyarakat khususnya di RW 06 dan RW 07 untuk meningkatkan mutu masyarakat yang berjiwa sosial serta menumbuh kembangkan kreativitas pendidikan serta meningkatkan nilai-nilai keagamaan anak-anak dimasa pandemi. 

"Ya, kesan dari kegiatan KKN DR ini  banyak pengalaman yang didapat. Dari pihak bapak RW juga sangat menyambut dengan baik, fasilitas yang diberikan seperti Bupermas sangat memuaskan, seperti tempat rapat, istirahat, dan tempat formal. Jadi memang dari pihak pihak RW sudah menyambut dengan baik kedatangan kita," terangnya. (din) 

Terkini