Mahasiswa IAIN Cirebon Latih Anak-Anak Agar Terbiasa Berliterasi

CIREBON, FC- Sebagai wujud kepedulian mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang tengah melaksanakan KKN-DR berinisiatif membuat program pembelajaran pendidikan anak melalui literasi. Hal itu bertujuan agar anak-anak usia dini di Desa Setu Kulon, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon terbiasa berliterasi. 

Pelatihan tersebut diselenggarakan mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon dengan melakukan pembelajaran membaca dan menulis untuk anak-anak di desa setempat, Minggu (25/7/2021).

Pada kegiatan membaca dan menulis ini mahasiswa memberikan arahan cara membaca yang baik dan yang benar begitupun dengan cara menulisnya. Dengan begitu, fokus anak-anak terhadap gawai bisa dialihkan.

“Juga agar anak-anak lebih menyukai membaca buku dan  tidak ketergantungan oleh HP di usianya yang sangat dini,” ujar Haikal, salah satu inisiator kegiatan literasi tersebut.

Menurut dia, pelatihan ini diharapkan menjadi pengetahuan anak-anak dalam hal membaca dan menulis di masa pandemi “Ini lebih baik dan pengetahuannya lebih luas,” tambah dia.

Antusias anak-anak desa cukup besar untuk belajar membaca dan menulis. “Kegiatan ini kami lakukan setiap satu minggu tigakali dikarenakan keadaan sekarang yang kurang mendukung,” tambah dia.

Bahkan kegiatan ini juga sangat di apresiasi oleh orang tua lantaran dinilai membantu pembelajaran anak-anak. Sekaligus mengusir rasa bosan anak-anak karena bisa dipertemukan dengan teman sebayanya.

“Terimakasih ya karena sudah mengadakan kegiata ini kalau di rumah belajar sama orang tuanya tuh susah malahan pada nggak mau belajar mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadikan anak-anak rajin semua,” ujar dia. (din)

Terkini