Banyaknya Permintaan Plasma, Dharma Wanita IAIN Syekh Nurjati Cirebon Gelar Donor Darah

FOKUS CIREBON, FC - Banyaknya permintaan masyarakat yang membutuhkan plasma konvalesen, membuat Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon memfasilitasi kegiatan donor plasma, Rabu (18/8/2021).

Kegiatan dengan sasaran mahasiswa, dosen dan masyarakat umum penyintas Covid-19 ini, di apresiasi banyak pihak.

Kegiatan tersebut digelar di kampus IAIN Cirebon, tepatnya di gedung Fakultas UAD, selain mendapat apresiasi juga mendapat respon positif dari berbagai elemen.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak 10 orang peserta pada hari pertama hadir dalam kegiatan donor plasma yang berlangsung di gedung Fakultas UAD.

Namun dari kesepuluh peserta, dua peserta belum bisa mendonorkan plasmanya karena kesehatan belum membaik.

Eha Julaeha, Ketua Pelaksana mengatakan, bahwa alasan adanya kegiatan ini karena mengingat banyak sekali masyarakat yang membutuhkannya.

“Darma wanita melaksanakan kegiatan ini karena banyak yang membutuhkan plasma konvalesen,” ujarnya.

Beberapa tahapan skrining harus dilalui pendonor, salah satunya dengan menunjukkan surat negatif, dan sudah 14 hari sembuh dari Covid-19.

“Ada surat positif, harus menunjukkan surat sembuh dari Covid-19, kalau memang ada dari luar kampus kita layani,” jelasnya.

Eha mengatakan kegiatan donor plasma akan terus ada sampai dengan tercukupi kebutuhan plasma konvalesen di PMI Kabupaten Cirebon.

Pihaknya mengaku akan memfasilitasi pendonor sampai dengan jemput bola ke lokasi pendonor. (din)

Terkini