Mahasiswa UMC Lakukan Kegiatan KKM Sosialisasi Budaya di Kelurahan Gegunung

FOKUS CIREBON, FC  FUniversitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) sedang mengadakan kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, yaitu Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) yang bertemakan tentang 'Desa Wisata'. Kegiatan tersebut dilakukan selama 1 bulan penuh di Kecamatan masing-masing atau sesuai domisili mahasiswa.

Salah satu kelompok KKM UMC, yaitu kelompok 22 Sasageyo, menggelar acara Sosialisasi Media yang ditujukan kepada masyarakat Kelurahan Gegunung Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon, Jum'at (20/8).

Acara tersebut berlangsung di Aula Makam Pesarean, karena sekaligus memperingati jatuhnya tanggal 10 Muharram. 

Wahyu Dwipangga, sebagai Ketua kelompok KKM 22 Sasageyo, menjelaskan bahwa pentingnya mahasiswa turut serta dalam tradisi rutin kelurahan gegunung, sekaligus melakukan Sosialisasi Media, agar masyarakat lebih memahami pentingnya media sosial di jaman sekarang.

"Sasageyo sendiri diambil dari judul lagu anime Jepang yang artinya adalah berjuanglah, korbankanlah, seluruh jiwa raga dan hatimu. Saya harap semangat dan perjuangan kami sama seperti nama kelompok kami," jelas Wahyu.

Ririn Risnawati, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengatakan, kegiatan KKM yang dilaksanakan kelompok Sasageyo memang bertujuan untuk melestarikan budaya Kelurahan Gegunung, salah satunya adalah pembuatan Bubur Suro yang dilakukan setahun sekali.

"Kegiatan ini memang sengaja dilakukan oleh mahasiswa, karena bertepatan pada tanggal 10 Suro, yang biasa diperingati oleh warga Kelurahan Gegunung untuk membuat Bubur Suro. Selain itu saya juga berterimakasih kepada anak-anak, semoga bisa lebih berpartisipasi lagi dalam melestarikan kebudayaan masyarakat Gegunung," ujar Ririn.

Hasan, selaku Kuncen Makam Pesarean memaparkan, Makna dari pembuatan Bubur Suro pada 10 Muharam ini adalah untuk memberi makan orang yang sudah berpuasa.

"Setelah berpuasa biasanya kita tidak boleh langsung memakan makanan yang keras-keras, oleh karena itu bubur adalah makanan yang telat agar tidak merusak pencernaam kita," paparnya.

Lurah Gegunung, Abdul Roup berharap, adanya KKM Mahasiswa Kelompok Sasageyo bisa lebih meningkatkan kebudayaan Kelurahan Gegunung dan mempublikasikan ke khayalak.

"Saya berharap mahasiswa UMC dapat melestarikan kebudayaan Kelurahan Gegunung dan mempublikasikan ke masyarakat luas," pungkas Roup. (Indah)

Terkini