Mahasiswa IAIN Cirebon : Feature Business, Youtuber Jerome Polin Sukses Ciptakan Bisnis di Bidang Kuliner “Menantea”

Oleh : Dila Fardilah 
Mahasiswa KPI IAIN Syekh Nurjati Cirebon 


Bisnis minuman saat ini sudah semakin banyak bahkan sudah menjadi trend tersendiri, dapat dilihat dilingkungan sekitar sudah banyak Cafe ataupun kedai kopi yang beragam. Namun berbeda dengan bisnis yang satu ini yang menjajahkan minuman teh disamping minuman kopi yang sedang ngehipe-nya, yaitu Menantea dimiliki oleh kakak-beradik Jehian Panangian Sijabat dan Jerome Polin Sijabat sekaligus Youtuber Nihongo Mantappu yang sedang menyelesaikan studi di Jepang jurusan Matematika.

Menantea ini bisa disebut sebagai bisnis pelopor teh baru karena menyajikan minuman dengan ciri khasnya tersendiri, adapun nama-nama menu yang dibuat memiliki konsep yang berhubungan dengan matematika. 

Hal tersebut didasari oleh kesukaan dari CEO Menantea yaitu Jerome Polin yang sangat menyukai dengan pelajaran Matematika maka dibuatlah menu tersebut, diantaranya Inteagral dan MatemaTEAka yang terbuat dari green tea dicampur dengan buah-buahan yang segar, konsepnya yang unik menjadi daya tarik bagi pecinta teh.

Bisa dikatakan sukses dengan bisnisnya, Jerome Polin menciptakan Menantea ini berawal dari keisengan ketika membuat konten di Youtube bersama teman-temannya tentang “Eksperimen Campur Minuman Dengan Bahan Teraneh dan Ekstrim” yang diupload pada 8 bulan yang lalu. 

Dengan kesibukannya sebagai mahasiswa Jepang, Jerome Polin berkeinginan untuk membuka toko minuman teh dengan penemuan racikannya dibantu oleh Jehian juga sebagai kakaknya, dan terciptalah bisnis minuman Menantea ini. 

Penamaan Menantea adalah sebuah pelesetan dari kata Menanti atau menunggu, karena Jerome Polin memiliki rasa rindu terhadap Indonesia, ia juga dikenal sebagai orang yang humble dengan followers-nya bahkan Jerome Polin menyebut para pembeli Menantea dengan sebutan Neteazen.

Selain menjadi Youtuber, alasan Jerome Polin mengembangkan di dunia bisnis kuliner karena kegemarannya yang sering me-riview kuliner di konten Youtubenya, dan dengan ide bisisnya ini menjadi sumber pemasukan yang bisa menjamin kedepannya. Semakin banyaknya inovasi akan membuat semakin berkembang, hal inilah menjadi harapan bagi Jerome Polin.

Menantea bisnis minuman kekinian dengan sistem Franchise bisa dikatakan sebagai bisnis baru yang diresmikan pada tanggal 10 April 2021, namun sudah memiliki banyak cabang dengan total 122 Toko di 22 Provinsi di seluruh Indonesia, salah satunya ada di Kota Cirebon yang beralamatkan di Jl. Tuparev No. 32, Kedawung, Cirebon, Jawa Barat.

Hampir setiap hari setiap outlet Menantea selalu ramai pengunjung karena memiliki tempat yang nyaman dan kekinian, sehingga bisa membuat orang-orang akan balik lagi untuk membeli Menantea. 

Bahkan tidak hanya minuman teh saja yang dijualnya, semakin banyak inovasi baru untuk terus mengembangkan bisnisnya dengan membuat berbagai macam menu series, seperti Signature Series, Milk Tea Series, Fruit Tea Series, Pure Tea Series, dan Irational Series. Oreo Milk Tea with Cheese Cloud menjadi menu favorit yang wajib dicoba oleh Neteazen, selain itu Menantea membuat snack yang disukai oleh siapapun dengan berbagai macam saus dengan harga terjangkau.

Terkini