Mahasiswa Bahasa Sastra Arab IAIN Cirebon Unjuk Gigi di Tingkat Nasional

FOKUS CIREBON - Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Sastra Arab (HIMABSA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon menggelar kegiatan Festival Sastra Arab (FESTRAB) Guna ‘Membumikan Bahasa, Melangitkan Sastra’ juga sebagai tema pada kegiatan ini, Kamis, (16/12/2021).

Acara yang berlangsung secara hybrid, diikuti sebanyak 70 peserta dari berbagai kalangan maupun jurusan. Acara semakin semarak ketika Nisa Rengganis sebagai pemateri berdiskusi tentang ‘Relevansi Sastra dan Politik’. 

Ketua Pelaksana, Hasbi menjelaskan, kegiatan FESTRAB (Festival Sastra Arab) merupakan kegiatan tingkat nasional. Hasbi sangat bangga karena kegiatan bisa berjalan lancar dan sukses. 

"Alhamdulillah walau dengan persiapan yang minim, tetapi semua berjalan baik.  FESTRAB ini merupakan kegiatan tingkat nasional perdana di BSA IAIN Cirebon,” papar Hasbi.

Acara yang merupakan besutan Divisi Pengembangan Aparatur Organisasi (PAO) ini, kata Hasbi, penting untuk diikuti bagi semua mahasiswa berbasis sastra dan bahasa arab. 

"Terimakasih disampaikan kepada para pihak yang banyak membantu dan berkontribusi pada tahun ini, kami sebagai HIMABSA bisa merealisasikan walaupun dengan banyak evaluasi nantinya," ujarnya.

Hal yang sama diungkapkan Otis Ridiana, Ketua Umum HIMABSA, FESTRAB juga penting diikuti bagi kalangan mahasiswa sastra arab karena sama pentingnya dengan mengasah kemampuan mahasiswa sastra arab 

“Ini acara perdana yang direalisasikan oleh kami, hari ini adalah acara puncak, dimana rangkaian acara sebelumnya ada perlombaan. Ada 4 perlombaan yang kami ajangkan yaitu, drama monolog, taqdimul qishoh, puisi, dan ghina aroby,” ucapnya. 

Ia berharap dengan diadakannya festival sastra arab ini bisa mengasah kemampuan mahasiswa untuk membumikan bahasa. Dapat menjadikan HIMABSA menjadi organiasi yang tetep utuh terdepan dalam melangitkan sastra. 

Sementara, Erfan Ghazali M.Si selaku sekretaris jurusan BSA mengapresiasi betul atas kinerja dari HIMABSA dalam melaksanakan kegiatan ini.

Acara ditutup dengan penampilan-penampilan oleh mahasiswa BSA IAIN Cirebon dan sesi foto bersama. (din)

Terkini