Hadiri Konsolidasi PTKIN di Semarang, Humas IAIN Syekh Nurjati Cirebon Siap Sukseskan SPAN-UM PTKIN 2022

Halaman Kantor Rektorat IAIN Syekh Nurjati Cirebon


CIREBON, FC - Sebagai bagian dari civitas akademika kampus, Humas dan Publikasi IAIN Syekh Nurjati Cirebon terus berkarya dan mendorong kesuksesan lembaga. Demikian juga dalam program SPAN-UM PTKIN 2022, Humas siap menyukseskan kegiatan tersebut.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kasubag Humas dan Publikasi IAIN SNJ Cirebon, H.Muhamad Arifin M.Pd.I, sekaligus akan menghadiri konsolidasi Humas PTKIN di Semarang, Jumat-Minggu (4-6/2/2022).

Konsolidasi tersebut terkait sosialisasi penjaringan calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional dan Ujian Masuk (SPAN-UM) PTKIN.

"Sebagai panitia lokal, kami siap menyukseskan SPAN-UM PTKIN IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Sedangkan yang menjadi panitia nasional adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang," terangnya, Kamis (3/2/2022).

Arifin juga menjelaskan, dengan berbagai fasilitas dan infrastruktur yang dimiliki, seperti gedung, perangkat komputer, jaringan internet, dan lainnya, tentu IAIN Syekh Nurjati Cirebon sangat siap untuk menyukseskan SPAN-UM PTKIN ini,” ucapnya.

Arifin mengungkapkan, bahwa IAIN Syekh Nurjati Cirebon telah merancang sejumlah terobosan untuk kesuksesan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur tersebut. Seperti, telah melakukan publikasi secara masif melalui berbagai saluran yang dimiliki kampus setempat.

“Kami telah melakukan sosialisasi SPAN-UM PTKIN, seperti melalui media sosial youtube, instagram, dan lainnya. Serta kami juga ada media partner yang secara terus menerus mempublikasikan penerimaan mahasiswa baru melalui SPAN-UM PTKIN ini,” terangnya.

Untuk itu, kata Arifin, pihaknya akan serius menyimak materi konsolidasi sosialisasi SPAN-UM PTKIN tersebut. Kemudian, hasilnya akan diterapkan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

“Tentu, dengan begitu harapannya SPAN-UM PTKIN dapat berjalan lancar dan tersosialisasikan dengan baik, sehingga jumlah pendaftar pun dapat meningkat semakin banyak, khususnya di IAIN Syekh Nurjati Cirebon,” tandasnya.

Untuk diketahui, SPAN-UM PTKIN telah resmi diluncurkan Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta pada Selasa (18/1/2022) lalu.

Dalam kesempatan itu, Menag Yaqut mengungkapkan, setiap tahun ratusan ribu pendaftar ikut terlibat dalam proses SPAN-UM PTKIN. 

Tahun 2021misalnya, tidak kurang 280 ribu calon mahasiswa yang mendaftar, mereka terdiri atas 182.890 pendaftar dari 11.920 sekolah melalui jalur SPAN PTKIN dan 100.038 pendaftar melalui jalur UM PTKIN.

“Jumlah pendaftar SPAN-UM PTKIN tiap tahun terus meningkat. Ini setidaknya menjadi penanda bahwa upaya perluasan akses yang dilakukan Kementerian Agama berhasil,” tandas Menag. (din)

Terkini