Selangkah Lagi, IAIN Cirebon Bertransformasi Menjadi UISSI

CIREBON, FC – Selangkah lagi, rencana alih status IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Indonesia (UISSI) dan dibukanya program Pendidikan Jarak Jauh Pendidikan Agama Islam (PJJ-PAI) di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kependidikan (FITK) kian nyata.

Kini, IAIN Cirebon mewacanakan dibukanya Program PJJ di semua fakultas yang ada di IAIN Cirebon. Wacana ini diwujudkan dengan mengajukan 5 prodi yang berakreditasi A atau unggul untuk membuka program PJJ. Langkah pertama dalam mewujudkannya dengan menyusun proposal pembukaan PJJ berbagai jurusan tersebut.

Berkenaan dengan ini, LPM Melakukan Pendampingan Penyusunan Proposal PJJ 5 Jurusan di IAIN Cirebon ini. Antara lain Prodi Tadris ILmu Pengetahuan Sosial (T-IPS), Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Prodi Aqidah Filsafat Islam (AFI), Prodi Sejarah Peradaban Islam ( SPI), dan Prodi Hukum Keluarga (HK).

“Ada prodi lain yang menyusul selain PAI untuk PJJ yang akreditasinya A. Ini sedang dibahas dalam FGD ini, proposalnya kemudian nanti disubmit di BAN PT, turun persetujuan kemudian nanti di SK kan oleh Kemenag,” kata Rektor IAIN Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg.

Sementara itu, Kepala LPM IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Ayus Ahmad Yusuf SE MSi mengatakan, pengajuan PJJ baru pada lima jurusan di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Prodi PAI sendiri telah mengawali membuka program PJJ di IAIN Cirebon.

Ayus menambahkan, FGD Penyusunan Proposal PJJ Baru ini dilakukan sebagai langkah awal pengajuan program PJJ. Ayus juga mengatakan, penyusunan proposal oleh masing-masing prodi yang diajukan untuk selanjutnya di submit ke Diktis.

“Dalam kaitan dengan hal ini, LPM melakukan pendampingan penyusunan proposal PJJ lima jurusan di IAIN Cirebon,” pungkasnya. (din)

Terkini