Mahasiswa FITK IAIN Cirebon Berulang Kali Sabet Juara Nasional

Muhammad Rizal Pahlevy, sang juara dari FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon, sukses meraih juara 3 tingkat nasional.


FOKUS CIREBON, FC - FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon terus memboyong piala kejuaraan tingkat nasional, kali ini diraih oleh Muhammad Rizal Pahlevy, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Semester 4, FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Rabu, (8/6/2022).

M. Rizall meraih piala dalam lomba dai-Daiyah tingkat nasional di UIN Walisongo Semarang selama 3 Hari dari tanggal 6-8 Juni 2022.

Dalam lomba ini, diakuinya dengan konsep DUIT yaitu, Doa, Usaha, Ikhtiar dan Tawakal. Rizal berharap doanya semoga semuanya lancar.

"Ya, usaha yang kami lakukan yaitu mempersiapkan mental dan memiliki niat, Ikhtiarnya itu kita jauh dari Cirebon datang ke Semarang dan menampilkan yang terbaik dan Tawakal nya kita serahkan semuanya kepada Allah," kata M.Rizal kepada Fokus Cirebon.

Dalam lomba tersebut, aku Rizal, memiliki tantangan yang tinggi, mengingat pesertanya bagus-bagus dan mereka datang dari berbagai provinsi, baik dari Jakarta, Surabaya, malang, Surakarta dan berbagai daerah lainnya

Namun dengan kekuatan doa dan mental yang kuat, akhirnya melalui materi tentang pendidikan karakter di masyarakat, Rizal pun dinobatkan sebagai juara 3 (tiga).

Padahal pada mekanisme lomba juga sangat ketat, yakni harus melalui 3 baba, yakni pertama babak penyisihan, kedua babak semifinal, kemudian baru diambil 5 orang dan final diambil 3 orang.

Kemenangan yang diraih juga, lanjut Rizal, karena kuatnya motivasi dalam dirinya,  pertama datang dari diri sendiri, dengan mengingat satu riwayat bahwasanya salah satu tanda akhir zaman yaitu banyaknya penceramah dan sedikitnya ulama.

"Inilah motivasi terbesar saya, makanya saya pengen menjadi ulama dan penceramah ibarat sumur kalo banyak isinya enak buat diambil kalo sumur kosong isinya apa yang mau diambil, Alhamdulillah dapat dukungan dari kampus sebelum saya berangkat saya meminta restu dan doa ke ketua jurusan dan sekertaris jurusan," terangnya.

Di akhir perbincangan dengan Fokus Cirebon, Rizal menitip pesan kepada semua mahasiswa yang ingin dan tengah berlomba. 

Menurutnya tetaplah semangat dan terus kembangkan potensi yang ada. Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi yang lainnya. (Udin)

Terkini