Menteri Agama RI : Ke Depan SSE-UMPTKIN Bisa Berikan Langkah Mudah Bagi Calon Calon Mahasiswa PTKIN


Panitia Lokal (Panlok) UMPTKIN 2022 di kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon saat menjalankan tugasnya, UMPTKIN Online ini berjalan lancar. 


FOKUS CIREBON, FC - Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) di kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon berjalan lancar. Namun peserta UMPTKIN 2022 ini harus berjalan online. Selasa, (14/6/2022). 

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, berdasarkan arahan dari satgas Covid bahwa Covid-19 belum sepenuhnya hilang sehingga pelaksanaan UM-PTKIN tahun ini masih dilaksanakan secara online.

Oleh sebab itu, PTKIN tidak boleh teledor dan diminta tetap waspada dengan menjaga prokes.

Demikian juga Yaqut nyatakan, bahwa Pemerintah pusat melalui Kementerian Agama menyampaikan terima kasih kepada para rektor dan panitia atas suksesnya penyelenggaraan seleksi nasional jalur UM-PTKIN ini.

Ia berharap, ke depan SSE-UMPTKIN ini bisa memberikan langkah mudah bagi calon mahasiswa PTKIN dalam menentukan pilihannya. Kita harapkan ini bisa menjadi best smart, karena kita tahu bahwa kemajuan teknologi seperti ini tidak bisa ditolak, dan di tahun kita akan tetap menggunakan sistem seleksi seperti ini.

Selain itu, Yaqut meminta panitia UM-PTKIN melakukan evaluasi dan perbaikan mekanisme dan sistem UM-PTKIN, sehingga seleksi jalur ini bisa menyerap lulusan Madrasah Aliyah dan pesentren dengan maksimal, termasuk lulusan dari SMA dan SMK. 

"Semoga ke depan PTKIN tidak dijadikan pilihan alternatif bagi lulusan MA dan pesantren. Akan tetapi, menjadi pilihan utama bagi kalangan pelajar SMA dan SMK untuk bisa masuk ke PTKIN,” harapnya.

Sementara menurut Pokja Humas Panitia Nasional, Astri Amanati, S.Sos, MM, pihaknya bersatu satu orang panitia Monobe Nasional berada di kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam rangka untuk melihat langsung pelaksanaan UMPTKIN di kampus setempat.

"Monev ini kami lakukan untuk perbaikan pada pelaksanaan UMPTKIN ke depan, dan pelaksanaan UMPTKIN di Cirebon sudah sangat baik," katanya.

Sementara itu, Warek 1 IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Dr H Saefudin Juhri M.Ag menyatakan, bahwa UMPTKIN 2022 ini merupakan tahun ketiga bagi IAIN Cirebon dan diikuti oleh 2.046 peserta. SSE-UMPTKIN ini akan berlangsung dari tanggal 14 hingga 17 Juni 2022 mendatang. 

"Peserta yang mengikuti SSE UMPTKIN di IAIN Cirebon sebanyak 2.046 orang. Pada ujian tersebut ada delapan sesi yang harus diikuti seluruh peserta," ujarnya.

Saefudin Zuhri juga menyatakan, selain pelaksanaannya di tahun ini berjalan lancar, UMPTKIN tahun ini juga diharapkan bisa menghasilkan calon-calon mahasiswa yang berkualitas. (din)

Terkini