Lingkungan Sekolah Yang Nyaman dan Disiplin Tinggi, MAN 2 Kota Cirebon Kampus Berprestasi

FOKUS CIREBON, FC - Sejak Pukul 06.00 WIB pagi, gerbang sekolah sudah terbuka lebar. Satu persatu para guru dan staf setempat mulai berdatangan dengan pakaian yang rapih dan menyenangkan.  

Ketika memasuki bagian dalam, tampak sejumlah pohon menghias hijau dan tumbuh segar, sesegar udara pagi yang masuk ke ruang-ruang kelas siswa. 

Nyaman, mungkin itu ucapan yang pantas diberikan bagi sekolah MAN 2 Kota Cirebon. Dengan keasrian dan keindahan infrastruktur bangunannya, membuat yang melihat bisa terkagum dan betah berlama-lama. 

Apalagi, keindahan itu dibalut dengan sebuah masjid atau mushola yang gagah di tengah gedung-gedung bertingkat dan ber sebelah tak jauh dari ruang guru. Kian menambah kampus MAN 2 Kota Cirebon nyaman bagi siswa untuk belajar. 

Itulah konsep Kepala Sekolah H Muhaemin, S.Ag, M.PD.I yang cenderung ingin mengimplementasikan belajar merdeka dengan tujuan siswa bisa belajar dengan suasana yang nyaman.

Tak hanya itu, lapangan tengah pun kini  disulap lebih elok sehingga siswa bisa lebih leluasa dan berekspresi di lapangan dengan kemampuan dan potensinya masing-masing.  

Maka tak heran, jika sejumlah siswa MAN 2 Kota Cirebon setiap tahun dan setiap angkatan selalu ada yang berprestasi hingga tingkat provinsi dan nasional.

Secara akademik, H Muhaemin, Kepala Sekolah selalu mengedepankan kedisiplinan siswa, bahkan juga bagi para guru dan staffnya. Selain itu, kerapihan pakaian, kebersihan lingkungan dan ruangan juga menjadi sorotan Kepala Sekolah setiap harinya. Karena konsep belajar nyaman itu harus ditandai dengan kedisiplinan dan kebersihan.


Itulah profil MAN 2 Kota Cirebon yang pada tahun ini sambut siswa baru yang diterima dari proses PPDB 2022 dengan konsep kampus bersih dan nyaman.

Demikian juga dalam pengembangan bakat dan minat siswa, sekolah mengajak mereka untuk aktif di sejumlah kegiatan, baik ekstrakulikuler maupun kegiatan yang reguler. 

Intinya, sekolah bukan saja untuk kepentingan sekolah tetapi lebih jauh dari itu untuk kepentingan siswa. Baik dari sisi akademik, sisi prestasi, sisi bakat dan minat serta sisi lulusannya. 

Semua diprogres dan diproyeksi oleh sekolah agar tercapai tujuan pendidikan sebagaimana misi yang dibangun oleh Kementerian Agama RI maupun tujuan pendidikan menurut Kementerian Pendidikan RI. 


Demikian juga, pada setiap tahunnya, siswa pendaftar PPDB di MAN 2 Kota Cirebon selalu berebut untuk bisa sekolah di kampus ini. Dan MAN 2 Kota Cirebon selalu terbuka, baik melalui jaringan lulusan, jaringan sekolah dan jaringan lainnya untuk menerima siswa yang ingin menimba ilmu di MAN 2. (din)


 

Terkini