Kadini S.Sos Bangun Kemajuan Pendidikan Melalui Komunikasi Harmonis, Disiplin dan Pelayanan

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Kadini, S.Sos, bangun kemajuan dunia pendidikan melalui kinerja dan pelayanan.


FOKUS CIREBON, FC - Kadini, S.Sos, begitu sebutan nama lengkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Provinsi Jawa barat, yang sehari harinya selalu berfikir dan bekerja bahkan bergelut dan berjuang bagi kemajuan pendidikan. 

Sebagai Kepala Dinas, Kadini juga sangat memperhatikan apa yang menjadi tugasnya dalam kedinasan, termasuk tanggungjawabnya di Dinas Pendidikan. Yakni tanggung jawab dalam merencanakan, melaksanakan, mengawasi, mengevaluasi tentang pelaksanaan tugas di lingkungan Dinas Pendidikan. 

Sebagaimana visi dinas pendidikan yakni Sehati kita wujudkan Kota Cirebon sebagai kota kreatif berbasis budaya dan sejahtera. Dan misinya adalah mewujudkan kualitas sumber daya manusia Kota Cirebon yang berdaya saing, berbudaya dan unggul dalam segala bidang khususnya bidang pendidikan.

Maka untuk mencapai visi dan misi Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Kadini  membangun sistem kerja yang harmonis, disiplin dan profesional, karena memang keberhasilannya sangat  ditentukan oleh kerjasama antara seluruh sistem organisasi, bidang, lini, staf, dan unit pelaksana teknis yang telah dibentuk berdasarkan tugas, pokok, dan fungsinya masing-masing. 

Karena itu, dukungan seluruh sistem pada berbagai lini organisasi dan staf yang ada sangat menentukan bagi keberhasilan program kerja Dinas Pendidikan Kota Cirebon. 

Di samping itu, kemampuan manajerial pemimpin dalam menggerakan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi, juga memberikan kontribusi yang sangat menentukan bagi tercapainya tujuan Dinas Pendidikan Kota Cirebon. 

Di bidang pendidikan, Kadini juga menyadari bahwa dirinya mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan bidang pendidikan meliputi pembiayaan, kurikulum, kebijakan dan standar, pendidik dan tenaga kependidikan, pengendalian mutu pendidikan serta sarana dan prasarana Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat dan pendidikan dasar.

Tugas-tugas berat ini, dijalankannya dengan baik. Kendati usia jabatannya baru seumur jagung, namun Ia tak mau hanya berpangku tangan pada bidang-bidang lain, Kadini terus bekerja, melihat dan mengevaluasi bidang-bidangnya.

Tak heran jika saat ini Kadini memiliki hubungan dan jaringan yang luas, baik di lingkungan pendidikan maupun di pemerintahan Kota Cirebon. Karena memang sosoknya yang 'Low Profil' namun tegas dan disiplin dalam bekerja.

Dengan para staff di kantornya, Kadini juga membangun konsep keharmonisan, dengan tetap memperhatikan etos kerja, kinerja dan pelayanan. 

Pada satu bidang ini, Kadini sangat mengedepankan peningkatan pelayanan, masyarakat harus merasa terlayani, baik warga belajar, pendidik, maupun warga masyarakat pada umumnya. Karena prinsip utama kerja Kadini adalah melayani sepenuh hati.

Termasuk suksesnya Kadini dalam pelaksanaan PPDB 2022. Pada PPDB ini, Kadini selalu memastikan setiap gerak dan kerja pelaksana teknis. Sehingga yang terkait teknis pelaksanaan, pihaknya langsung melakukan proses pematangan panitia Tim PPDB, baik dalam hal penyusunan tahapan, maupun penyerahan berkas fisik pendaftar.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Kadini, S.Sos bersama Wali Kota Cirebon, Drs H Nasrudin Azis SH pada momentum kegiatan tertentu.


"Saya sangat bangga dengan kepemimpinan Bu Kadini, sosoknya low profil dan selalu mengutamakan kinerja dan pelayanan. Selain itu, sudah banyak peningkatan yang dilakukan dari hasil kepemimpinannya, baik soal.literasi maupun lainnya," ujar Cahyono, SH, M.Si pegiat pendidikan.

Cahyono mengungkapkan, kerja-kerja Kadini memang kian berat, karena juga harus terus melakukan sosialisasi atas kurikulum belajar merdeka, ke sejumlah pendidik dan sekolah, namun semua dilakukan dengan bn profesional.

"Itulah menejerial Kadini yang selalu menanamkan kepercayaan kepada para stafnya di semua bidang untuk selalu bekerja dengan baik dan disiplin, terutama dalam hal pelayanan. Komunikasi yang dibangun dua arah ini, Bu Kadini mampu menciptakan lingkungan di dinas pendidikan maupun di sekolah-sekolah berjalan kondusif,  harmonis dan juga mampu menumbuhkan kinerja dan pelayanan yang semakin baik," tandasnya. (din) 





Terkini