Pemda Indramayu Siap Melepaskan Tanah Hibah Bersertifikat Seluas 10 Hektar Kepada IAIN Cirebon

Tim IAIN Cirebon terdiri dari Warek 2, Dr Kartimi, M.Pd, Kabag Umum, H Imron Rosyadi, Kasubbag Umum, dan ULP tengah berkoordinasi terkait persiapan pelepasan tanah hibah 10 hektar (tersertifikat) dari 15,5 hektar dari Pemda Indramayu. 


FOKUS CIREBON, FC - Tim IAIN yang terdiri dari Warek 2, Kabag Umum, Kasubbag Umum, dan ULP mendatangi Pemda Indramayu dalam rangka menindaklanjuti tanah hibah untuk IAIN Cirebon.

Menurut Warek 2, Dr Kartimi, M.Pd bahwa pengajuan tanah hibah ini sudah lama dilakukan namun prosesnya sempat terhenti. Namun tak lama ini, Pemda Indramayu bersedia untuk melepaskan tanah hibah tersebut untuk IAIN Cirebon.

Menurut Kartimi, tanah hibah yang akan diserahkan ke IAIN Cirebon ini seluas 15,5 hektar, tetapi baru 10 hektar yang sudah tersertifikat.

"Jadi tanah seluas 15,5 hektar itu, baru 10 hektar yang akan dihibahkan ke IAIN Cirebon," ujar Kartimi.

Kartimi juga menjelaskan, pada 23 Agustus 2022, tim IAIN Cirebon sudah bertemu dengan Asda 1 Pemda Indramayu, Kabid Pengukuran dan Kepala Kantor Pertanahan, untuk persiapan proses hibah tanah tersebut.

Dari pertemuan itu, Pemda Indramayu mempertanyakan kesiapan IAIN Cirebon dengan proses hibah tersebut. Pihak IAIN Cirebon dengan tegas dan serius siap menerima proses tanah hibah dengan bukti master plan yang dibuat IAIN Cirebon pada tahun 2021 untuk pembangunan di tanah Cikawung, Indramayu.

"Dalam pertemuan tersebut pihak Pemda Indramayu sudah melihat master plan berupa video terkait pembangunan kampus II IAIN Cirebon," terangnya. 

Pembangunan kampus 2 ini, kata Kartimi, rencananya untuk Fakultas Kehutanan, Fakuktas Pertanian, Fakultas Sains Tek dan Fakultas Kelautan. 

Pemda Indramayu langsung menyambut baik terkait dengan keseriusan IAIN Cirebon dengan tanah hibah tersebut. 

Terkait rencana pelepasannya, pihak IAIN Cirebon tengah menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan  untuk pelepasan tanah tersebut. Demikian juga pihak Pemda Indramayu yang sama masih menyiapkan proses untuk pelepasan tanah tersebut.

Pemda Indramayu juga sangat merespon baik dengan adanya pembangunan kampus 2 IAIN Cirebon karena akan meningkatkan pada prekonomian masyarakat dan meningkatkan sumber daya serta indek pembangunan. 

"Jadi intinya, Pemda Indrmayu sangat merespon dan  menyambut baik dengan adanya pembangun perguruan tinggi IAIN Cirebon di Desa Cikawung, Indramayu," tandasnya. (din)

Terkini