Menuju Transformasi Lembaga, Pusat Pengembangan Bisnis Kampus Harus Tingkatkan Kemampuan dan Kapasitas

FOKUS CIREBON, FC - Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon menginisiasi kegiatan 'Digital Colaburation Vestifal' yang bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Bisnis IAIN dengan menghadirkan 20 UKM pilihan.

Kegiatan tersebut mendapat suport dan dukungan dari BI Perwakilan Cirebon, BSI Cipto, Grab serta GenBI, SEMA, DEMA dan Komunitas Mahasiswa Akuntansi Perbankan Syariah, Senin, (10/10/2022).

Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam sambutannya menyatakan, Pusat Pengembangan Bisnis IAIN SNJ agar meningkatkan kemampuan dan kapasitasnya. Tujuannya agar nanti bisa memberikan suatu dampak yang positif bagi transformasi kelembagaan IAIN Cirebon menuju universitas. "Dan itu merupakan suatu modal bagi kita untuk terus kita maju dan terus melangkah ke depan," kata Sumanta.

Sumanta pun mengucapkan terimakasih kepada pusat pengembangan bisnis BLU yang mampu manggandeng beberapa elemen sehingga terbentuk kolaborasi kerjasama yang tentu saja setapak demi setapak akan melaju dengan cepat untuk pengembangan ekonomi, baik ekonomi dalam kampus maupun ekonomi di sekitar kampus, baik masyarakat internal kampus maupun masyarakat eksternal kampus. 

Sehingga, kata Sumanta, kita bisa memberikan suatu konstribusi yang konkrit terhadap perkembangan laju ekonomi menengah ke bawah.

"UKM-UKM yang ada di internal kita dan di luar kita, bisa kita berdayakan melalui pusat pengembangan bisnis ini," ujarnya. 

Sumanta juga menjelaskan, kegiatan ini juga merupakan wujud pengenalan kita terhadap elemen-elemen yang lain, sehingga menjadi keniscayaan bisa membangun suatu kolaborasi, suatu kerjasama yang goalnya adalah kemajuan, kejayaan yang menjadi milik kita bersama.

Dari sini kita bisa berdaya dari sisi ekonomi, kita bisa melaju, kita bisa menolong terhadap sesama kita, baik terhadap mahasiswa, terhadap tenaga pendidik maupun kependidikan.

"Dan terhadap masyarakat sekitar kita mampu melakukan upaya bina lingkungan dan itu merupakan suatu kegiatan yang sangat berharga dari irisan Tridarma perguruan tinggi dan pengabdian," terangnya.

Sumanta juga menyakini bahwa pusat pengembangan bisnis akan terus berupaya meningkatkan kemampuannya, meningkatkan kapasitasnya sehingga bisa memberikan dampak positif bagi transformasi kelembagaan IAIN menuju universitas.

Sementara itu, Kasubag Umum juga Kepala Pusat Pengembangan Bisnis BLU IAIN Cirebon, Hasim, SE, M.Ak menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi inspirasi untuk membangun ekosistem digital di lingkungan IAIN Cirebon.

Kata Hasim, kegiatan ini diinisiasi oleh mahasiswa yang bekerjasama dengan pusat pengembangan bisnis IAIN SNJ dan disupot oleh BI perwakilan Cirebon, BSI Cipto Cirebon dan Grab termasuk dari GenBI, SEMA dan Dema dan komunitas mahasiswa akutansi perbankan syariah

"Pada kegiatan ini telah menghadirkan 20 UKM pilihan, ini bagian dari kerjasama kita untuk mewujudkan ekositem digital di kampus, ke depan kampus akan membangun sebuah kafe dan dikerjasamakan dengan mahasiswa," tandasnya.

Sementara itu, pada kegiatan ini 20 UKM menjajakan produk-produk terbaiknya, selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan BI, BSI, Grab, mahasiswa dan sejumlah pejabat di lingkungan IAIN Syekh Nurjati Cirebon. (din)

Terkini