Terinspirasi Wanita Solehah, Mahasiswa IAIN Cirebon Sabet Juara 2 Lomba Baca Cipta Puisi

SANG JUARA : Yuli Yani tersenyum bahagia setelah dinobatkan juara dua pada lomba baca cipta puisi tingkat nasional di IHSD COMPETITION 2022 - UIN Jakarta.


CIREBON, FC - Mahasiswa jurusan guru madrasah ibtidaiyah, semester 3, IAIN Syekh Nurjati Cirebon akhirnya dinobatkan juara 2 pada ajang bergengsi lomba baca cipta puisi.

Lomba yang diikuti oleh sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia ini, diselenggarakan oleh lembaga dakwah kemahasiswaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang ke 26.

"Peserta yang ikut dalam lomba ini adalah seluruh muslimah, pesertanya bagus-bagus, tetapi alhamdulillah dengan tema tentang hijab, saya mampu menjadi juara 2, ini tentu sangat saya syukuri," ucap Yuli Yani, Rabu, (12/10/2022).

Yuli menjelaskan, selain persaingan yang ketat, lomba ini adalah tingkat nasional. "Jadi sangat tidak mudah untuk menjadi juara, saya harus bersaing dengan perempuan muslimah lainnya dan saya harus berjuang keras karena membawa nama baik kampus," tutur Yuli yang saat ini sangat bangga karena sudah mampu mengharumkan nama baik almamater di kancah nasional.

Kendati demikian, Yuli mengaku, untuk menjadi juara dirinya harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan penuh kesiapan dan persiapan. 

Hal itu dimulai dari memahami tema, kemudian materi yang akan disampaikan pada materi puisi, hingga puisi ini seolah hidup saat dilombakan.

"Di sini aku mengambil tema tentang aku dan pelindungku, itu tentang hijab, dan juga mengulas contoh-contohnya, seperti Siti Aisyah, Siti Khodijah dan tokoh Islam lainnya, semuanya dibikin puisi, dan tentu saja, puisi ini menjadi menarik karena terinspirasi dari para wanita solehah," terangnya. (Nurdin)

Terkini