Program Studi PBA IAIN Cirebon Meraih Akreditasi Unggul

FOKUS CIREBON, FC - ProgramStudi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon meraih akreditasinya unggul dengan nilai 365. Demikian dinyatakan Kajur PBA, Masriah kepada media di ruang kerjanya, Kamis, (10/11/2022).

Ketua Kajur PBA, Dr Masriah M.Ag menyatakan, bahwa persiapan pra akreditasi dilakukan dimulai dengan pembuatan SK dari Dekanat untuk tim. Setelah diberi SK, setiap anggota tim diberi tugas untuk mengisi data kuantitatif (DKPS) dan data kualitatif (LED) pada setiap Criteria (standar) yang terdiri dari C1 hingga C9.

C1 ini tentang visi, misi, tujuan, dan strategi (VMTS), C2 tentang tata pamong, tata kelola, dan kerjasama, C3 tentang mahasiswa, C4 tentang SDM, C5 tentang keuangan dan Sarpras, C6 tentang pendidikan, C7 tentang  penelitian, C8 tentang pengabdian kepada masyarakat, dan C9 tentang keluaran dan capaian Tridarma. 

"Setelah selesai tugas masing-masing dilakukan sinkronisasi data secara keseluruhan dengan bimbingan dan arahan LPM dan Dekanat," kata Masriah.

Dia juga menjelaskan terkait peningkatan kualitas PBA ke depan, menurut Masriah, ke depan akan mendorong para dosen untuk melanjutkan studi ke S3 dan meningkatkan karir kepangkatannya sampai ke Guru Besar dalam rangka meningkatkan kualitas dan kualifikasinya. 

Selanjutnya, juga mendorong mahasiswa untuk lebih berprestasi, baik akademik maupun non akademik, baik di level nasional hingga sampai internasional, salah satu upayanya adalah dengan  merevitalisasi peran HMJ sebagai wadah kegiatan kemahasiswaan. 

Masriah juga menegaskan, harapan PBA di era globalisasi ini, Bahasa Arab diharapkan menjadi bahasa yang mendunia yang bisa digunakan tidak hanya dalam konteks keagamaan tapi juga dalam konteks science dan teknologi. 

"Bahasa Arab harus menjadi bahasa dunia, dan bahasa ini bukan hanya digunakan dalam konteks keagamaan saja, tetapi juga dalam konteks science dan teknologi," tandas Masriah. (din)

Terkini