Semarak Kegiatan, Jurusan Ilmu Hadis IAIN Cirebon Sambut Hari Jadi Jurusan Ke 7

FOKUS CIREBON, FC - Selama lima hari di bulan Nopember ini, Jurusan Ilmu Hadis, Fakultas Ushuludin dan Adab, IAIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memperingati hari lahirnya Jurusan Ilmu Hadis yang Ke 7. Kegiatan digelar sejak Selasa hingga Minggu, (15-20/11/2022), bertempat di Auditorium Pascasarjana Lt.3, kampus setempat.

Ketua Pelaksana Gerimis Aisyah menjelaskan, Gerimis merupakan singkatan dari Gemilang Ria Ilmu Hadis yang diadakan untuk  memperingati hari lahirnya Jurusan Ilmu Hadis yang ke 7 dan tahun ini kita menyongsong dengan tema 'Cintai Budaya Lestarikan dengan karya'.

Menurutnya kegiatan GERIMIS HMJ ILHA Fakultas Ushuluddin dan Adab ini digelar selama lima hari, dimulai dengan berbagai perlombaan, di antaranya lomba Tahfiz Hadis, musikalisasi hadis, desain grafis, futsal, badminton dan ML. 

Selanjutnya, pada hari Jum'at kita mengadakan Donor Darah yang bekerjasama dengan PMI (palang merah Indonesia) dan  Majapeka, sekaligus santunan anak yatim yang mana santunan tersebut ditujukan kepada panti asuhan Asbabul Kahfi, setelah itu melaksanakan penutupan acara pada hari Minggu tanggal 20 November yang bertempat di Auditorium Pascasarjana Lt.3. 

Aisyah menambahkan bahwa selain kegiatan di atas juga diadakan seminar nasional dengan menghadirkan Dr. Faqihuddin Abdul Kadir, MA dengan tema  "Menelaah Fashion Perempuan di Era 4.0 Dalam Kacamata Fikih".

Sementara pada kegiatan ini, Ketua Jurusan ILHA, Hj. Anisatun Muthi'ah menyambut gembira dan bangga atas kreativitas dan ide dari kawan-kawan panitia dan pengurus HMJ Ilmu Hadis, bukan hanya Uforia menyambut hari lahir, tapi bertekad untuk memberi manfaat kepada umat, dibuktikan dengan donor darah dan santunan anak yatim, sebagaimana pesan Rasulullah sebaik-baik manusia yang bermanfaat bagi orang lain. 

Hj. Anisatun Muthi'ah mengucapkan rasa terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Harapnya, semoga Allah membalas dengan limpahan keberkahan dan kebaikan untuk semua mahasiswa ilmu hadis. 

"Selamat Hari lahir, maju terus tetap berbuat kebaikan. Menjd insan kamil," katanya.

Dekan Fakultas Ushuluddin dan Adab Dr. Anwar Sanus, M. Ag yang menghadiri acara penutupan GERIMIS mengatakan, bahwa mahasiswa ILHA sejak angkatan pertama sudah menunjukkan jati diri dan kreativitas yang membanggakan, karena secara umum mahasiswa ILHA mampu bersaing baik dari struktur kepengurusan di Fakultas maupun di tingkat Institut. Dalam 3 tahun terakhir, yakni 2022 Ketua Senat Mahasiswa Fakultas dari ILHA yakni Umar Syarifuddin. 

Sedangkan 2021 ketua Dewan Eksekutif Fakultas dari ILHA yakni Rizki Maulana yang sekarang aktif di Dewan Eksekutif Institut dan 2019, 2020 Ketua dewan eksekutif Fakultas Ananda Deden dan Anton. 

Kendati demikian, Anwar menyatakan untuk tidak harus tidak percaya diri karena sedikitnya mahasiswa yang mengambil jurusan ILHA, karena secara kuantitas peluang di dunia kerja untuk mahasiswa jurusan ILHA justru semakin besar. Maka untuk untuk menghadapi persaingan global sangat dibutuhkan kualitas. 

Lebih lanjut Anwar menyebutkan bahwa peluang kerja itu selain kompetiter yang sedikit maka dibutuhkan kualitas.

Anwar Sanusi juga menambahkan bahwa kemampuan mahasiswa ILHA dan jurusan-jurusan dilingkungan fakultas Ushuluddin dan Adab sedang disiapkan dalam event-event nasional seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri se Indonesia. Maka langkah dan even GERIMIS sangat tepat dilaksankan mahasiswa

Selain hal tersebut di atas. Dekan meminta seluruh mahasiswa ILHA dan jurusan-jurusan lain untuk bahu membahu dalam sosialisasi kepada seluruh Pondok pesantren sewilayah 3 Cirebon penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2022-2023. (Nurdin)

Terkini