Sukses Mempertahankan Disertasinya, Ketua PCNU Kota Cirebon Raih Gelar Doktor

FOKUS CIREBON – Ketua PCNU Kota Cirebon, H Mustofa meraih gelar doktor di IAIN Cirebon dengan judul disertasi Episetomologi Tafsir Pendidikan Multikultural dalam Al-Qur’an.

Sidang terbuka promosi doktor Bidang Pendidikan Agama Islam H Mustofa ini bertempat di ruang sidang Program Pascasarjana IAIN Cirebon.

Di hadapan tim penguji, H Mustofa berhasil mempertahankan disertasinya.

Keputusan kelulusan H Mustofa meraih gelar doktor ini dibacakan langsung oleh ketua sidang sekaligus Rektor IAIN Cirebon, Dr H Sumanta Hasyim MAg.

“Berdasarkan hasil rapat yudisium sidang terbuka promosi doktoral pada program studi doktor Pendidikan Agama Islam dengan mempertimbangkan prestasi akademik selama perkuliahan dan proses ujian sidang terbuka, maka dengan ini diputuskan saudara Mustofa dinyatakan lulus dengan Sangat Memuaskan,” kata Sumanta.

Selanjutnya, imbuh Sumanta, kepada H Mustofa diberikan hak untuk menyandang gelar doktor sesuai dengan hak dan kewajiban serta kehormatan yang melekat pada gelar tersebut.

Sumanta pun mengatakan, bahwa Mustofa merupakan doktor ke-32 dari program studi Pendidikan Agama Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Sebelum keputusan tersebut diumumkan, sidang sempat diskors selama 20 menit untuk memberikan kesempatan kepada dewan penguji untuk memberikan nilai terhadap disertasi yang disusun oleh Mustofa.

Adapun dewan penguji dalam sidang tersebut antara lain, Izuddin Mushtofa dan Adang Kuswaya (keduanya bertindak sebagai oponen ahli dari UIN Sunan Gunung Jadi Bandung dan UIN Salatiga), H. Dedi Djubaedi dan H. Farihin (keduanya selaku penguji internal dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon), H. Jamali (Promotor Utama), H. Ahmad Asmuni (Ko-Promotor 1) dan Siti Fatimah (Ko-Promotor 2). Adapun bertindak sebagai sekretaris Sidang H. Didin Nurul Rosidin (Wakil Direktur Program Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon).

Hadir pada sidang terbuka ini tokoh-tokoh NU Kota Cirebon, H. Syamsuddin yang juga Dosen Fakultas Syari’ah IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Kiyai Miftah dari Pesantren Benda Kerep Cirebon.

Bagi Program Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati, H. Mustofa bukan satu-satunya tokoh NU yang berhasil meraih gelar doktor. Sebelumnya ada KH, Aminuddin, ketua Tanfiidziyah PCNU Kuningan dan H. Dede Sofyan Hadi, pengurus PWNU Jawa Barat.

Selain tokoh NU, ada juga alumni doktor yang merupakan tokoh ormas Islam lainnya seperti H. Amin Ridwan (PUI), H. Ugin Lugina (DMI dan ICMI) dan Arif Apendi (Muhammadiyah).

Sidang terbuka promosi doktor tersebut diakhiri dengan ucapan pelepasan oleh H. Didin Nurul Rosidin selaku Wakil Direktur Pascasarjana IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Dalam ucapan pelepasan tersebut, H. Didin menekankan rasa bahagia sekaligus syukurnya bahwa IAIN Syekh Nurjati Cirebon telah berhasil membangun kerjasama yang erat dengan berbagai ormas Islam sekaligus berkotribusi bagi peningkatan mutu SDM umat Islam.

“Ini menjawab secara nyata pertanyaan tentang kiprah IAIN Syekh Nurjati bagi umat Islam,” tandasnya.

Terkini