Perjuangan Keras Estriana, Buahkan Penghargaan Terbaik Pada Kegiatan Diklatpim 3 Tingkat Nasional

BERPRESTASI, Estriana, mahasiswa IAIN Cirebon sukses meraih penghargaan pada ajang DIKLATPIMNAS 3 tingkat nasional.


FOKUS CIREBON, FC - Usai berjuang keras, Estriana Arifah Mahfud, mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon akhirnya bisa tersenyum manis, setelah dirinya dinobatkan dengan penghargaan sebagai "Peserta Tergiat Aktif Partisipatif" pada kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Nasional (Diklatpimnas) 3 PTKI se-Indonesia di Surabaya.

Estriana, walau lahir dari keluarga yang bisa di bilang kurang harmonis, tetapi gadis cantik ini tak pernah melewatkan untuk maju dan berprestasi saat terbuka lebar untuknya.

Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon jurusan pengembangan masyarakat Islam semester 7 ini mampu membuktikan dirinya sebagai yang terbaik, walau tantangan di depan mata cukup memberatkan dalam perjuangannya. 

Alhasil, dari kegigihan dan semangat juangnya itu, Estriana, salah satu delegasi dari IAIN Cirebon akhirnya berhasil mendapat penghargaan "Peserta Tergiat Aktif dan Partisipatif" yang merupakan kegiatan dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kepada fokuscirebon.com, Estriana mengaku, mengikuti kegiatan ini sejak tanggal 5 -hingga 7 Desember 2022, bertempat di Hotel GreenSA UIN sunan Ampel Surabaya.

Katanya, kegiatan bertema "lead, Serve and Innovate: Islamic Higher Education Development Goals Emmerging leader" ini, diikuti oleh para peserta terbaik dari kampus masing-masing. 

Di Diklatpimnas 3 ini, setiap peserta diwajibkan untuk mengikuti tahapan seleksi melalui artikel yang dikirimkan, pengalaman mengikuti Diklat kepemimpinan dan juga rekomendasi dari kampus untuk mengikuti kegiatan ini.

Selain itu, terang Estriana, selama Diklat Timnas peserta dituntut untuk aktif dan partisipatif, hal ini dibuktikan dengan salah satu predikat atau prestasi terbaik yang diberikan kepada para delegasi.

 "Alhamdulillah, "Peserta Tergiat Aktif Partisipatif" diberikan kepada saya, dari delegasi IAIN Syekh Nurjati Cirebon jurusan pengembangan Masyarakat Islam," ucapnya 

Mengenali sosok Estriana lebih dekat, prestasi-prestasi nasional yang diraihnya ini bukanlah yang pertama kali, sebab Estriana Arifah Mahfud sudah beberapa kali mendapatkan prestasi tingkat nasional. 

Pada tahun ini Estri juga menjadi delegasi KKN kolaborasi Nusantara moderasi beragama yang dilaksanakan di Provinsi Papua Tahun 2022, menjadi Winner Putri pesona pariwisata Nusantara Tahun 2022, menjadi Rara tangguh Kota Cirebon Tahun 2022, dan menjadi relawan aktif di beberapa komunitas berbasis sosial. 

"Jadi menurut saya apapun kekurangan yang kita miliki, tidak boleh menjadi hambatan kita untuk tetap berprestasi. Kita harus termotivasi untuk maju agar bisa membanggakan nama baik perguruan tinggi, keluarga, juga nama baik pribadi," katanya.

Justru menurutnya, dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini bisa membuktikan bahwa kita mampu dan bisa menata masa depan kita lebih baik lagi.

"Jangan jadikan kekurangan sebagai hambatan tetapi jadikanlah kekurangan itu menjadi batu loncatan untuk kita terus berjuang dan bisa melangkah lebih maju, dan teruslah berusaha untuk memperbaiki,  ingatlah 3K sebagai kata kunci kesuksesan yakni Kemampuan, Kesempatan, dan Kemauan.

"Dengan komponen ini InsyaAllah kita bisa mencapai kesuksesan yang kita inginkan walaupun kita harus terus berjuang dan belajar untuk menjadi manusia yang terus berproduktif dan inovatif," terangnya.

Estriana juga mengucapkan terima kasih untuk semua elemen yang sudah mendukung dirinya. "Tanpa motivasi dan dukungan dari semuanya, mungkin saya tidak bisa menjadi apa-apa," tandas gadis cantik ini. (din)

Terkini