Tinjau Pelaksanaan Natal, Kabupaten Cirebon Berlangsung Aman dan Kondusif

KABUPATEN CIREBON – Bupati Cirebon melakukan monitoring dan pemberian bingkisan/parsel untuk Pos Pengamanan (Pospam) dan gereja dalam pelaksanaan Natal Tahun 2022. Pemantauan didampingi Wakil Bupati Cirebon beserta Ketua DPRD, Kapolresta, Ketua FKUB, Forkopimda serta jajaran Pemerintah Kabupaten Cirebon, Minggu (25/12/2022). 

Perjalanan dimulai dari Pendopo Rumah Dinas Bupati Cirebon menuju Pospam Kedawung, Bupati Cirebon beserta jajaran melakukan penyerahan bingkisan. Kemudian, dilanjutkan menuju Pospam Ramayana Weru dan Pospam Jungjang Arjawinangun untuk melakukan hal yang sama.

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron M.Ag menyampaikan bahwa suatu kehormatan bagi dirinya bisa hadir secara langsung menemui saudara-saudara umat Nasrani yang sedang merayakan Natal, dan atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat Natal. 

"Saya ucapkan selamat Natal kepada saudara-saudara kita yang saat ini sedang merayakan. Semoga Natal ini menjadi berkah untuk kita semua," ujar Imron dalam sambutannya, ketika melakukan ramah tamah di depan para pengurus dan jemaat Gereja Bethel Indonesia (GBI) Arjawinangun.

Ia juga meminta agar seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon menjaga kerukunan antar umat beragama. Hal ini, menurut Imron, karena persatuan adalah modal utama untuk maju dan membangun daerah.

Ditambahkannya, bahwa Cirebon sebagai representasi atau miniaturnya Indonesia. Ia mencontohkan Arjawinangun, yang mempunyai tiga bangunan milik umat beragama yang berbeda-beda, tetapi tetap terjaga kerukunannya.

Senada dengan Bupati, Wakil Bupati Cirebon Hj. Wahyu Tjiptaningsih SE MSi mengatakan bahwa Indonesia adalah negara Bhinneka Tunggal Ika yang kaya akan keanekaragamannya. 

“Negara kita ini negara Bhinneka Tunggal Ika dengan keberagaman suku, bangsa, agama dan budaya. Terbukti pada hari ini, kita melihat rasa persaudaraan dan perdamaian antara umat beragama,” ungkap Ayu. 

Ia pun berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon, agar dapat menyongsong tahun baru 2023 nanti dengan kondisi aman dan kondusif seperti saat ini. Dan berharap, tahun 2023 Kabupaten Cirebon bisa lebih baik dan lebih sejahtera lagi.

Sedangkan menurut Kapolresta, dari total keseluruhan 20 tempat ibadah, ada 19 tempat ibadah yang merayakan Natal. Dan dari unsur pengamanan, TNI/Polri dibantu pemerintah daerah seperti Satpol PP dan Dishub serta organisasi kemasyarakatan, pelaksanaan Natal di Kabupaten Cirebon dapat berjalan dengan aman dan kondusif. (din)

Terkini