Universitas Swadaya Gunungjati Cirebon Buka Kerjasama Pengabdian Internasional Bersama Universitas EIILM Kalkuta India di Thailand

 

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Gunungjati Cirebon, Dr. H. Acep Komara, SE, MSi, Ak, CSRS saat melakukan penandatanganan MoU dengan Universitas EIILM Kalkuta India di Thailand.




BALI, FC - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Swadaya Gunungjati (UGJ) Cirebon membuka kerjasama Pengabdian Internasional  melalui penandatangan MoU dengan Universitas EIILM Kalkuta India di Thailand pada September lalu. Hal yang sama juga sudah dilakukan penandatangan MoU oleh UPS Tegal.

Selain penandatangan yang dilakukan UGJ Cirebon bersama Universitas EIILM Kalkuta India yang juga dilakukan sejumlah oleh sejumlah Universitas di luar negeri, UGJ Cirebon juga mengikuti kegiatan penandatanganan MoU, Workshop dan FGD terkait Kerjasama Riset International yang diselenggarakan Universitas Pacasakti Tegal (UPS) pada Sabtu 11 Maret 2023 di Kuta Bali. 

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Gunungjati Cirebon, Dr. H. Acep Komara, SE, MSi, Ak, CSRS menjelaskan, ada dua kegiatan yang diikutinya, pertama Workshop dan FGD tentang kolaborasi, yakni terkait kerjasama internasional dan MoU dengan University India dan beberapa Universitas dari Uzbekistan.

Menurut Dr H Acep Komara, kegiatan tersebut merupakan partisipasi dari UGJ Cirebon dalam kegiatan MoU Signing dengan beberapa Universitas Uzbekistan dan University India dan FGD mengenai kolaborasi yang diselenggarakan ADRI dan UPS Tegal. 

Kegiatan yang kedua ini, kata Dekan FEB UGJ Cirebon adalah pengabdian internasional bersama UGJ, UPS Tegal, dan EIILM kalkuta India berupa sosialisasi penangkaran dan konservasi Penyu di Pulau Serangan Bali. 


Terkait kegiatan ini, Dr H Acep Komara menegaskan, bahwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Swadaya Gunungjati Cirebon selalu berupaya mewujudkan visinya untuk menjadi fakultas riset unggul dan meningkatkan kualitas akademiknya.  

Salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatan mutu pendidikan di lingkungan FEB adalah melakukan berbagai kegiatan akademis yang melibatkan lembaga beserta dosen serta meningkatkan kegiatan internasionalisasi. 

Sehingga kegiatan internasionalisasi yang meliputi MOU SIGNING dan FGD akan menaungi Penelitian dan  Pengabdian Masyarakat Internasional. 

"Ya, kami dari FEB UGJ mengikuti program kegiatan MOU SIGNING, WORKSHOP AND FGD ON INTERNATIONAL RESEARCH COLLABORATION yang diselenggarakan oleh ADRI Jawa Tengah berkolaborasi dengan Universitas Pancasakti (UPS), Eastern Institute for Integrated Learning in Management University (EIILM) - Kolkata India dan RV University India," kata Dr H Acep Komara, Dekan FEB UGJ Cirebon.


Sementara pada kegiatan tersebut, FEB UGJ Cirebon diwakili oleh Dekan FEB  Dr. H. Acep Komara., SE., MSi., Ak., CSRS, Wakil Dekan 1,  M. Yudi Mahadianto S.E., M.M, Ketua Prodi Akuntansi, Agung Yulianto S.E., Ak,  C.A. Ketua Prodi Manajemen, Lisa. H,S., S.E.,  M.M, Sekprodi Manajemen M. Alwi S.Pt., M.M mengikuti pengabdian masyarakat internasional di Bali dengan kegiatan seperti penangkaran penyu di Pulau Serangan Bali dan FEB juga berperan aktif dalam  diskusi mengenai isu-isu sosial, ekonomi dan pendidikan serta tekhnologi di Bali, pengabdian Internasional dan FGD bersama ADRI Jawa Tengah, Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, Eastern Institute for Integrated Learning in Management University (EIILM) - Kolkata India ini merupakan  kelanjutan dari MOU yang telah di tandatangani di Thailand pada bulan November 2022.  

Universitas Swadaya Gunung Jati yang diwakili langsung oleh Dekan FEB Dr. H. Acep Komara, SE, MSi, Ak, CSRS juga melakukan penandatangan MOU dan FGD dengan beberapa universitas luar negeri seperti KIMYO INTERNATIONAL UNIVERSITY IN TASHKENT UZBEKISTAN, UNIVERSITY OF ECONOMY AND PEDAGOGY, UZBEKISTAN, RV UNIVERSITY INDIA, TASKENT STATE TRANSPORT UNIVERSITY.

Kegiatan MOU SIGNING, WORKSHOP AND FGD ON INTERNATIONAL RESEARCH COLLABORATION dibuka oleh ketua ADRI Jawa Tengah, Dr, Achmad Fathoni Radli dan Rektor UPS,  Dr. Taufiqulloh, M.Hum.


Acara yang berlangsung pada 11 Maret 2023 ini berisi berbagai macam agenda kegiatan, dan ditutup dengan Workshop dari dua pemateri dari India, yakni Prof Bhanu Prakash Nunna, Ph. D dari Rv University India dan Prof ( Dr). R.P. Banerjee dari EIILM Kolkata India. yag menyatakan pentingnya riset kolaborasi antar negara agar tidak terjadi ketimpangan sosial dan ekonomi serta teknologi. (din)

Terkini