KKN Kolaborasi Kelompok 108 Gelar Program Pemberdayaan UMKM Desa Gesik

CIREBON, FC - KKN Kolaborasi antara IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melakukan kunjungan dan observasi UMKM di Desa Gesik Kec. Tengah Tani, pada Jum'at, 7 Juli 2023.

Program KKN tersebut merupakan skema baru KKN yang ada di IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Mahasiswa yang melakukan KKN di Desa Gesik Kec. Tengah Tani mendapatkan kesempatan untuk melakukan observasi UMKM setempat.

Para mahasiswa bersinergi untuk memberdayakan UMKM, khususnya di Desa Gesik, Kec. Tangah Tani. Kedatangan mahasiswa juga di sambut hangat oleh para aparat desa setempat.

"Kami sangat senang kalau desa kami dipilih untuk menyalurkan program KKN," ujar Kadus Desa Gesik, Pak Emil.

Desa Gesik yang merupakan desa yang terbilang produktif dan banyak berbagai macam UMKM menjadi salah satu alasan para mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjalankan program kerja mereka.

Salah satu UMKM yang banyak di desa tersebut adalah produksi kerupuk. Pengusaha kerupuk setempat salah satunya Pak Solahuddin.

"Alhamdulillah di desa ini kebanyakan orangnya memproduksi kerupuk,  dan tidak jarang kerupuknya bisa dijual sampai keluar kota, biasanya kami mengirim kerupuk ini bisa sampai Indramayu," ujar Pak Solahuddin.

Di kesempatan yang sama, Imam Maulana, selaku ketua KKN kelompok 108, menyampaikan harap yang tinggi kepada warga Desa Gesik untuk dapat bekerjasama dalam mengembangkan desa.

"Kami selaku mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berharap para warga setempat bisa menerima kami. Dan dengan adanya kami, kami harap bisa membantu produktivitas UMKM di Desa Gesik ini," ujar Imam. (Red/Aghif)

Terkini