BSA IAIN Cirebon Gelar Kegiatan Bersama Kelas Menulis Kolaboratif Melalui Zoom Meeting

FOKUS CIREBON - Pasca pelaksanaan International Lecturer Mobility atau mobilitas dosen lintas negara oleh dosen-dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Arab di Universitas Islam Intenasional Sultan Abdul Halim Mu’adzam Shah (UniSHAMS) bulan Mei 2023 lalu. BSA kembali melakukan kegiatan bersama berupa “Kelas Menulis Kolaboratif” untuk mahasiswa Jurusan Bahasa Arab IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan fakultas bahasa arab, UniSHAMS. 

Program ini dimulai secara resmi pada Senin, 7 Agustus 2023 melalui platform Zoom meeting dengan dihadiri oleh para civitas akademika dari kedua belah pihak Dekanat, pimpinan Jurusan, Mahasiswa dan dosen. 

Hadir dalam kegiatan ini Dekan Fakultas Bahasa Arab, UniSHAMS yaitu Dr. Mohd Syauqi Bin Arshad dan juga Wakhid Nashruddin, Ph.D selaku Wakil Dekan Fakultas Ushuludin dan Adab IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Dekan Fakultas Bahasa Arab, UniSHAMS, Dr. Mohd Syauqi Bin Arshad, dalam sambutan sangat mengapresiasi program kelas menulis kolaboratif yang diinisiasi oleh jurusan Bahasa dan Sastra Arab ini,

“Kelas Menulis Kolaboratif ini adalah contoh nyata bagaimana kerjasama antar universitas dapat memperkaya pembelajaran mahasiswa. Kolaborasi semacam ini memupuk semangat inovasi dan membantu mahasiswa membangun keterampilan yang relevan di dunia yang terus berubah,” ujarnya.

Melihat pentingnya kecakapan menulis yang kuat dalam dunia akademik dan profesional, kedua lembaga memutuskan untuk bergandengan tangan dalam program ini. 

Dengan menggabungkan berbagai bakat dan perspektif, para mahasiswa diharapkan dapat belajar bagaimana memadukan gagasan, merangkai kata-kata, dan menghasilkan karya tulis yang kuat dan bermakna.

Menurut Mohammad Andi Hakim selaku mentor kegiatan, ‘Program ini akan berlangsung selama satu semester atau lima bulan terhitung dari Agustus hingga Desember 2023 dan menampilkan serangkaian workshop pendampingan dan sesi diskusi yang dipandu oleh para dosen berpengalaman dari kedua universitas. 

Mahasiswa diberi kesempatan untuk menulis berdasarkan kecenderungan jenis tulisan yang mereka sukai baik non fiksi seperti artikel ilmiah atau berjenis fiksi seperti novel, puisi dan cerita dan di targetkan bulan Desember akan Lauching buku-buku hasil dari program ini.

Salah satu peserta, Sharifah Farhana Al Edruce Binti Wan Saed, mahasiswa dari Fakultas Bahasa Arab, UniSHAMS menyatakan, “Ini adalah kesempatan yang luar biasa bagi kami untuk melihat pendekatan berbeda dalam menulis. 

Melalui forum bersama dengan teman-teman dari BSA IAIN Syekh Nurjati, saya berharap mendapatkan wawasan baru tentang bagaimana memandang topik dari berbagai sudut pandang dan akan mengasah bakat menulis saya hingga menghasilkan karya ilmiah berbahasa Arab dan English khususnya. 

"Dalam semangat kerjasama dan pertukaran pengetahuan, program Kelas Menulis Kolaboratif akan menjadi wadah bagi mahasiswa kedua universitas untuk saling belajar dan menginspirasi," ujar Erfan Gazali, Sekertaris Jurusan BSA sekaligus Koordinator kegiatan ini. 

Ikut terlibat dalam program angkatan pertama ini 17 mahasiswa yang terdiri dari 9 mahasiswa UniSHAMS dan 8 Mahasiswa BSA IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Adapun mentor terdapat 9 orang dosen, enam orang dosen BSA dan 3 orang dosen dari Fakultas Bahasa Arab, UniSHAMS. (din)

Terkini