Polresta Cirebon Bersama Pemerintah Kabupaten Cirebon Adakan Penanaman Pohon Untuk Penghijauan

Kapolresta Cirebon beserta jajaran dan pemerintah Kabupaten Cirebon, dalam kegiatan penanaman pohon untuk penghijauan.

 

FOKUS CIREBON, FC - Polres Cirebon beserta jajaran dan pemerintah Kabupaten Cirebon mengadakan kegiatan penanaman pohon di Tanggul Sungai Desa Krandon, Kecamatan Talun, tepatnya arah Situs Kramat Talun, Rabu, (23/8/23).

Kegiatan penanaman ratusan pohon ini  untuk menghijaukan wilayahnya juga untuk meminimalisir polisi udara yang kini mengepung Jakarta dan sejumlah daerah di Jawa Barat.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman didampingi Bupati Cirebon, Imron turun langsung menanam pohon.

Arif mengatakan, ada sebanyak 7.927 pohon berbagai jenis yang ditanam serentak baik di Desa Krandon maupun di wilayah hukum Polsek Jajaran Polresta Cirebon.

"Penghijauan dengan penanaman pohon ini dilaksanakan  di seluruh Polsek. Ada sekitar 33 titik yang kita laksanakan di wilayah Kabupaten Cirebon ini dan hasil rekap seluruhnya ada sebanyak 7.927 bibit tanaman yang kita tanam di 33 titik yang dimaksud," ujar Arif kepada awak media.

Ia menyampaikan, pelaksanaan itu dalam rangka 'Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini'.

Jumlah pohon itu terdiri dari berbagai macam jenis, seperti tanaman keras, trenggesi dan juga tanaman buah-buahan.

Di wilayah sampiran, masih di Kecamatan Talun juga direspon secara baik oleh masyarakat, yang terdiri dari ibu-ibu pemerhati lingkungan sampiran.

"Yang memang mereka request secara khusus tanaman-tanaman produktif, utaman buah-buahan. Kita droping juga di situ, hari ini juga dilaksanakan penanaman pohon di sana dan mereka juga berkomitmen untuk tetap merawat," ucapnya.

Kapolresta menjelaskan, dengan penanaman pohon ini diharap bisa meminimalisir polusi udara sehingga kualitas hidup lebih baik.

"Dengan penanaman pohon yang masif dilaksanakan diharapkan bisa meminimalisir polusi udara sehingga kualitas hidup bisa lebih baik. Dalam giat ini kita bersinergi dalam stakeholder lainnya yaitu pemerintah daerah, TNI dan berbagai unsur masyarakat."

Tujuan digelar di pinggir sungai ini juga untuk menjaga aliran irigasi yang ada, sekaligus lebih memudahkan nanti untuk merawat dalam artian menyirami tanaman di sini. (Bam)

Terkini