IAIN Cirebon Kirim Kontingen di Kegiatan Porsi Jawara Ke I di Jember Jawa Timur

FOKUS CIREBON, FC -Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam akan menyelenggarakan kegiatan Pekan Olahraga, Seni dan Ilmiah se-Jawa dan Madura (Porsi Jawara) ke I. 

Porsi Jawara I akan dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 1 s.d 5 November 2023 bertempat di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember Jawa Timur. Senin, 30 Oktober 2023.

Kegiatan Pekan Olarahraga, Seni dan Ilmiah ke I di UIN KHAS Jember, seluruh pesertanya berasal dari 18 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Jawa dan Bali. Sudah barang tentu IAIN Syekh Nurjati Cirebon juga mengirimkan kontingennya untuk mengikuti kegiatan Porsi Jawara ke I yang bertempat di Jember Jawa Timur. 

Kontingen IAIN Cirebon dilepas dengan sambutan hangat dari Wakil Rektor I bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga  Prof. Dr. H. Jamali, M.Ag , Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Dr. Hajam, M.Ag, Wadek III FITK  Dr. Asep Mulyana, M.Pd , Ir. Hj. Sunarini, M.Kom. Kepala Biro AUAK dan Zainal Arifin, S.Ag Kabag Umum dan Layanan Akademik IAIN Syeh Nurjati Cirebon.

Acara pelepasan kontingen ini menjadi momen penting bagi para mahasiswa yang akan mewakili kampus IAIN Cirebon, dalam berbagai kompetisi dan ajang kejuaraan di Porsi Jawara I. 

Dalam sambutannya, Prof. Dr. H. Jamali, M.Ag, menyampaikan rasa bangga dan harapannya terhadap kontingen tersebut. Pihaknya sangat bangga atas prestasi yang telah kalian raih selama ini, baik ajang regional, nasional, maupun internasional.

"Hari ini kalian bisa mewakili IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam Porsi Jawara I di Jember. Ini adalah kesempatan besar untuk menunjukkan potensi dan mengasah lagi kemampuan kalian, serta memperkuat jaringan dan persahabatan di antara sesama mahasiswa PTKIN se-Jawa dan Madura,” tutur Prof.Jamali.

Dan yang tak kalah penting menurut Prof. Jamali, berikan kado tebaik dari  kalian semua untuk menyambut IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon (UIN SSC). "Jangan lupa jaga kesehatan, ke kompakan dan selamat bertanding,” ucap  Prof.Jamali.

Sementara itu, Prof. Dr. Hajam, M.Ag, Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, menekankan pentingnya kerja sama antar-kampus dan antar-anggota kontingen. 

Ditegaskan bahwa, kalian bukan hanya mewakili kampus masing-masing, tetapi juga mewakili Kementerian Agama. 

"Mari tunjukkan sportivitas yang tinggi, rasa persaudaraan, dan sikap positif dalam setiap kompetisi. Jangan lupakan bahwa tujuan utama dari ajang ini adalah memperkuat tali persatuan dan persaudaraan di antara mahasiswa sebagai generasi emas penerus bangsa.” ungkap Prof. Hajam.

Kontingen Porsi Jawara I ini akan bersaing di berbagai cabang olahraga, seni dan keilmuan, dalam kompetisi ini. Mereka siap membuktikan prestasi dan kemampuan mereka di panggung nasional. Semangat dan dukungan dari Rektor IAIN Syeh Nurjati Cirebon beserta sivitas akademika tentunya semakin memotivasi kontingen untuk memberikan yang terbaik dalam ajang bergengsi ini. tutup Prof. Hajam.

Pada kesempatan yang sama Ir. Sunarini, M.Kom. juga menyampaikan, sebanyak 17 cabang lomba yang diikuti oleh kontingen IAIN Syekh Nurjati Cirebon, di antaranya Catur, Pencak, Silat, Taekwondo Putri, Tenis Meja, Futsal, Volly, Bulu Tangkis, Musabaqoh Hifdzil QurĂ¡n, Musabaqoh Karya Tulis Al-Qur’An, Musabaqoh Syarhil Qur’an, Dai Daiyah, Kaligrafi Dekorasi, Debat Bahasa Inggris, Puitisasi Al-Qur’An, Pop Solo Islami, Musabaqoh Tilawatil Qur’an, Qiroatul Qutub. 

"Dengan komposisi 68 orang atlit dan 24 orang official termasuk di dalamnya 2 orang  humas sebagai tim dokumentasi dan publikasi selama kegiatan berlangsung. ucapnya," terangnya.

Seluruh anggota kontingen bersama-sama menyatakan tekad mereka untuk berjuang dengan semangat sportif, dan mereka pun meninggalkan kampus dengan semangat yang tinggi serta doa restu dari segenap sivitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon. 

“Semoga mereka dapat mencapai prestasi gemilang dan membuat bangga seluruh sivitas akademika IAIN Syekh Nurjati Cirebon dalam ajang Porsi Jawara I tahun 2023 di UIN Khas Jember,” ungkap Sunarini. (din)

Terkini