Kondisi Bangunan Kantor SDN 2 Sampiran Terlihat Rapuh dan Membahayakan

PRIHATIN : Bangunan kantor SDN 2 Sampiran, Kecamatan, Desa Sampiran, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon terlihat tidak layak huni dan karena rapuh dapat membahayakan.


CIREBON, FC - Pendidikan dasar bagi anak anak sebagai generasi penerus bangsa yang diperoleh dari pendidikan salah satunya Sekolah Dasar (SD), harus menjadi perhatian serius para pegiat pendidikan, baik itu guru, kepala sekolah, orang tua, masyarakat l, termasuk bupati, maupun Kepala Dians Pendidikan.

Karena belajar bukan hanya mengantarkan ilmu pengetahuan kepada anak anak, tetapi juga belajar salah satunya dapat dipengaruhi oleh suasana belajar yakni ruangan yang bersih dan nyaman. 

Hal itu disampaikan oleh salah satu pegiat pendidikan Kabupaten Cirebon, Bambang HS, yang peduli terhadap pendidikan generasi penerus dengan mendapatkan pendidikan yang baik dan benar. 

Namun Bambang sangat prihatin ketika melihat ada salah satu sekolah dasar dengan kondisi yang sangat memprihatinkan bagi Ruang belajar anak serta para guru dan kepala sekolah. Betapa tidak, ruangan yang seharusnya nyaman untuk belajar, untuk mengkoreksi nilai dan menjalankan tugas-tugas keguruan maupun tugas-tugas sekolah, ternyata dipandang kurang layak dan dipastikan tidak nyaman. 

Padahal peran seorang guru dan kepala sekolah sangat berarti bagi maju mundurnya kualitas pendidikan, apalagi berada di pendidikan dasar. Namun dengan kondisi bangunan kantor yang demikian tidak layak untuk dihuni atau ditempati itu, akan berdampak besar terhadap kinerja para guru dan kepala sekolah.

"Ruang kantor Guru SDN 2 Sampiran sangat memprihatinkan kondisinya, di mana atap bangunannya sudah rapuh, dan sewaktu-waktu bisa Ambruk," tutur Bambang HS kepada media, Rabu, (17/1/2024).

Untuk itu, Bambang HS berharap, agar ada perhatian dari dinas terkait untuk peduli dan melihat langsung serta memperbaiki agar bangunan tersebut terlihat layak dan nyaman untuk membangun kinerja para guru dan kepala sekolah.

"Saya yakin, bu Yesi Yusnianingsih juga akan sepemikiran dengan saya, sebab kondisi kantornya sudah sangat tidak layak untuk ditempati sebagai layaknya kantor. Apalagi sekarang sedang musim hujan ditakutkan ada hal-hal yang tidak diinginkan, maka sebelum terjadi lebih baik segera oleh dinas terkait dibangun dan diperbaiki agar kantor guru tersebut lebih layak dan lebih nyaman untuk bekerja," pintanya. 


Bambang juga menegaskan, walau dengan kondisi bangunan kantor guru di SDN 2 Sampiran yang tidak layak, tetapi para guru dan kepala sekolah tetap menjalankan tugas-tugasnya dengan baik, hanya terkadang ada rasa takut akan bahaya dari kondisi bangunan yang sudah rapuh ini. (din)

Terkini